Polresta siapkan rekayasa lalu lintas di Pantai Padang

Polresta siapkan rekayasa lalu lintas di Pantai Padang

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya. (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan rekayasa arus lalu lintas di kawasan Pantai Padang pada malam pergantian tahun.

"Jika menilik tahun-tahun sebelumnya, kawasan pantai adalah titik tingginya mobilitas masyarakat. Untuk menjaga kelancaran arus maka dilakukan rekayasa lalu lintas," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya, di Padang, Rabu.

Baca juga: Malam tahun baru jalur menuju Puncak Cianjur ditutup

Menurut dia, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan tersebut merupakan upaya untuk menghindari penumpukan kendaraan atau akses yang lumpuh total.

"Jalur yang menjadi objek utama rekayasa lalu lintas adalah Jalan Samudera sebagai jalan yang membentang sepanjang Pantai Padang," katanya.

Baca juga: Hampir terisi penuh, kamar hotel di Puncak-Cipanas jelang Tahun Baru

Sebelum pukul 22.00 WIB, kata dia, warga bisa masuk ke Jalan Samudera melalui Simpang Olo Ladang, Hangtuah, dan Pujasera.

Namun, pada pukul 22.00 WIB akses menuju Jalan Samudera hanya bisa lewat Simpang Pujasera saja.

Baca juga: Banda Aceh kerahkan Satpol PP kawal larangan perayaan tahun baru

"Mulai pukul 22.00 WIB akses ke Jalan Samudera hanya bisa dilakukan via Simpang Pujasera, kemudian Jalan Samudera menjadi satu arah menuju utara (Hotel Pangeran)," katanya.

Sedangkan Simpang Polsek Padang Barat yang biasanya dilalui masyarakat menuju kawasan pantai akan ditutup sejak pukul 19.00 WIB.

Selain mempunyai fokus pada kawasan pantai, pihak kepolisian juga mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di dalam kota.

"Kami menempatkan personel pada simpang-simpang yang padat keramaian untuk mengantisipasi," katanya.

Pihak kepolisian mengerahkan sebanyak 750 personel untuk menjaga serta mengamankan malam pergantian tahun nanti.

Masyarakat diimbau untuk tertib dan mengikuti aturan lalu lintas saat keluar pada malam pergantian tahun, serta berhati-hati untuk menghindari hal yang bisa merugikan.
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019