Pengalaman keduanya tentu akan meningkatkan profesionalisme dan transparansi manajemen PLN
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengharapkan penetapan direktur utama dan komisaris utama baru PLN berdampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan dan performa perusahaan setrum negara tersebut.

"Pengalaman keduanya tentu akan meningkatkan profesionalisme dan transparansi manajemen PLN dan akan memberikan dampak yang positif meningkatnya kualitas pelayanan dan performa PLN ke waktu mendatang," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Rosan mengatakan bahwa Kadin Indonesia menyambut baik dan mendukung terpilihnya Zukifli Zaini sebagai Direktur Utama dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN.

"Kami pelaku usaha akan terus membina hubungan dan kerja sama yang baik dengan PLN untuk mewujudkan sinergitas yang akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik," katanya.

Baca juga: RUPS PLN putuskan Zulkifli Zaini sebagai Dirut

Sebelumnya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) tahun 2019 memutuskan untuk mengangkat dan menetapkan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama dan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama.

Surat Keputusan diberikan oleh Wakil Menteri BUMN 1, Budi Gunadi Sadikin. Keputusan itu berlaku sejak 23 Desember 2019.

Zulkifli Zaini ditemui di gedung Kementerian BUMN Jakarta, Senin, menyampaikan bahwa salah satu pesan yang diamanatkan yakni PLN harus mampu mengatasi pemadaman listrik dan tarif terjangkau.

Baca juga: Asosiasi batubara nilai dirut dan komut baru PLN kombinasi serasi

Berikutnya, lanjut dia, yakni mengupayakan neraca keuangan perusahaan lebih baik agar mampu melaksanakan mandat pemerintah.

Selain itu, Zulkifli juga mengatakan PLN dituntut untuk memanfaatkan energi baru terbarukan. Lalu, menjalin kemitraan sehat, adil, dan ekosistem yang kondusif.

Baca juga: Selain dirut, Erick ganti Komisaris Utama dan Direktur Keuangan PLN
Baca juga: APLSI berharap Dirut dan Komut baru PLN buat iklim investasi kondusif


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019