Penerbangan internasional di Syamsudin Noor diharapkan terealisasi

Penerbangan internasional di Syamsudin Noor diharapkan  terealisasi

Gedung baru terminal Bandara Internasional Syamsudin Noor telah menyiapkan ruang keberangkatan dan kedatangan internasional. (antara/foto/firman)

Banjarbaru (ANTARA) - General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Indah Preastuty mengharapkan rute penerbangan internasional di bandara tersebut segera terealisasi seiring beroperasinya gedung terminal yang baru.

"Sekarang masih terus kami upayakan untuk secepatnya kalau bisa Januari sudah memiliki rute internasional," kata Indah di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu.

Meski diakui dia, membuka penerbangan ke luar negeri tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu, butuh kerja keras dan upaya bersama seluruh pemangku kepentingan.

"Menjalankan suatu sistem baru tidak serta merta bisa diwujudkan. Mesti ditata dan diakselerasikan. Semuanya harus siap, terutama peminatnya. Ini yang masih kami telaah terus," jelasnya.

Indah mengungkapkan, paling realistis saat ini adalah melayani jamaah umrah agar bisa "direct flight" atau penerbangan langsung ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

"Untuk umrah sudah ada permintaan agar bisa direct. Semoga dengan terminal baru dan status internasional sekarang, setelah ini bisa kita layani," harapnya.

Kemudian juga untuk rute Banjarmasin ke Kuala Lumpur, Malaysia, juga masih terus dikaji seberapa besar peminatnya. Karena berdasarkan informasi, warga Malaysia keturunan Banjar cukup banyak dan ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan, terutama berwisata religi.

"Kemarin memang sudah ada penjajakan dengan maskapai AirAsia, tetapi tindak lanjutnya belum ada progress signifikan hingga sekarang," beber Indah.

Harapan GM Bandara Internasional Syamsudin Noor inipun sejalan dengan keinginan Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi yang mendorong penerbangan asing masuk ke Kalimantan Selatan.

"Kalau sekarang umrah tinggi. Namun harapan kita turis asing yang masuk sini. Karena saya dengar tahun 2020 ada 34 kegiatan yang digelar Pemprov Kalsel untuk mendatangkan turis dan sekarang ini bandaranya siap. Bahkan, bandara bisa dilakukan display keanekaragaman budaya," tandas Faik Fahmi ketika menghadiri peresmian gedung terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu siang.

Baca juga: Menhub inginkan Bandara Syamsudin Noor diisi kearifan lokal
Baca juga: Presiden harap Bandara Syamsudin Noor "trigger" pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan terminal baru Bandara Syamsudin Noor

 
Pewarta : Firman
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019