Tangerang (ANTARA) - Aparat Polresta Tangerang, Banten, menyiapkan skema lalu lintas pada jalur utama terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 sehingga arus kendaraan tanpa kendala termasuk menuju tempat ibadah.

"Kami memasang kamera pengintai CCTV agar terpantau kondisi di lapangan," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Tangerang, Kompol I Ketut Widiarta di Tangerang, Rabu.

Dia mengatakan skema tersebut agar tidak terjadi penumpukan kendaraan terutama di jalur utama dan jalan alternatif lainnya.

Ketut memberi contoh penumpukan kendaraan terutama di Pasar Cikupa dan Pasar Gembong, Balaraja karena keberadaan pedagang yang berjualan di bahu jalan.

Baca juga: Polda Banten siapkan 3.000 personel amankan natal dan tajun baru

Pihaknya mendirikan posko pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di lapangan pertigaan Citra Raya, Cikupa setelah mendapatkan persetujuan dari Kapolresta Tangerang, AKBP, Ade Ary Syam Indradi.

Namun tujuan pemasangan kamera itu untuk mengurai kemacetan terutama pada titik rawan kemacetan karena tidak dapat terpantau petugas di lapangan.

Sedangkan dari pantauan CCTV maka diteruskan ke Tim Pengurai Kemacetan (Raicet) sebagai tim reaksi cepat jika ada penumpukan kendaraan pada suatu area.

Pemasangan CCTV itu mulai dari perbatasan Kota Tangerang hingga ke Kecamatan Jayanti, bersebelahan dengan Kabupaten Serang.

Baca juga: Polres Malang terjunkan 500 personel gabungan amankan Natal

Skema lainnya, katanya dengan cara mengurai kemacetan akan didukung sarana dan prasarana yakni alat peraga rekayasa lalu lintas.

Sebagai contoh rekayasa lalu lintas dengan pengalihan arus di Gerbang Citra Raya, kendaraan yang menuju Serang kemudian dialihkan ke dalam kawasan Citra Raya kemudian berputar di arah bundaran.

Perkiraan petugas, katanya, pada malan pergantian tahun arus kendaraan akan menumpuk di Citra Raya, maka perlu upaya untuk mengurai.

Demikian pula di perbatasan dengan Kota Tangerang di kawasan Bitung, akan terjadi penumpukan kendaraan karena keluar dari ruas tol Jakarta-Merak.

Baca juga: Polda Sulawesi Selatan siagakan 89 pos pengamanan Natal-Tahun Baru
 

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019