Wakil Menag: Kita dukung IAIN Palu jadi UIN

Wakil Menag: Kita dukung IAIN Palu jadi UIN

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke dan Rektor IAIN Palu Sagaf S. Pettalongi mendampingi Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Kementerian Agama mendukung langkah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

"Kita dukung IAIN Palu jadi UIN," ucapnya di sela-sela acara silaturahim dengan tokoh agama di Sulawesi Tengah di Palu, Selasa malam.

Kementerian Agama memberikan dukungan atas ikhtiar civitas akademik IAIN Palu terkait dengan rencana alih status perguruan tinggi itu menjadi UIN.

Dia berharap, IAIN Palu memenuhi seluruh persyaratan alih status Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari IAIN menjadi UIN.

Saat ini, terdapat sembilan PTKIN, salah satunya IAIN Palu, yang sedang berproses di Kementerian Agama dalam rangka penilaian menjadi UIN.

"Insyaallah, semua berpotensi menjadi UIN, tinggal bagaimana kita melengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar dia.

Baca juga: Rektor IAIN : Mahasiswa harus punya kemampuan menulis karya ilmiah

Zainut Tauhid mengaku mendapat informasi dari Rektor IAIN Palu Sagaf Pettalongi bahwa terkait dengan transformasi menjadi UIN, IAIN Palu telah mempersiapkan segala persyaratan.

"Informasi dari Pak Rektor, semua sudah cukup, dari jumlah mahasiswanya, kemudian program studi yang diajarkan, dan persyaratan akademis lainnya, sesuai dengan persyaratan," katanya.

Tim penilai alih status dari Kementerian Agama RI pada Kamis (12/12) melihat langsung kondisi IAIN Palu dalam rangka menilai perguruan tinggi tersebut.

"Penilaian hari ini merupakan tindak lanjut dari penilaian dokumen alih status IAIN Palu menjadi UIN yang telah berlangsung pada bulan September 2019," kata Ketua Tim Penilaian Alih Status Kementerian Agama, Muhammad Adib Abdushomad.

IAIN Palu menjalani penilaian lanjutan karena dalam penilaian dokumen alih status pada September mendapat nilai 306.

Adib, sapaan akrab Muhammad Adib Abdushomad itu, mengatakan IAIN Palu, satu di antara 11 PTKIN yang menjalani penilaian dokumen alih status pada September.

Dari 11 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dengan status IAIN yang menjalani penilaian, hanya sembilan IAIN yang dokumen alih statusnya dipandang layak untuk ditindaklanjuti oleh Kementerian Agama, termasuk IAIN Palu.

"IAIN Palu nilainya di atas 300, karena itu berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 15 Tahun 2014 maka dilakukan visitasi. Nah, visitasi atau penilaian lapangan hari ini untuk mengecek langsung bagaimana dan seperti apa kondisi lapangan," kata Adib.

Baca juga: IAIN jadi kampus pertama miliki galeri investasi syariah di Sulteng
Baca juga: Rektor harap program Presiden bantu pengembangan IAIN pascatsunami
Baca juga: Rektor harap anggota DPR dari Sulteng bantu pengembangan IAIN Palu

 
Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019