BNNP Kalsel ingatkan sopir angkutan umum bebas narkoba

BNNP Kalsel ingatkan sopir angkutan umum bebas narkoba

Petugas melakukan tes urine terhadap para sopir angkutan umum di Terminal Kersik Putih, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. (antara/foto/ist)

Banjarmasin (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan (BNNP Kalsel) mengingatkan para sopir angkutan umum harus bebas dari narkoba.

Hal itu dikatakan Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo terkait rencana melakukan tes urine bagi para sopir angkutan umum jelang musim libur akhir tahun.

"Saat libur Natal dan tahun baru pastinya terjadi lonjakan penumpang untuk angkutan umum, jadi masyarakat harus dijamin keselamatannya dengan cara sopir bebas narkoba," kata Aris di Banjarmasin, Jumat (13/12).

Untuk itu, sejak sekarang Aris mewanti-wanti para sopir agar tak menyentuh yang namanya narkoba. Jika nantinya saat dites urine positif, maka akan diproses hukum.

"Kalau sopirnya pengguna narkoba, tentu sangat membahayakan bagi penumpang. Konsentrasi mengemudi pasti terganggu dan tidak bisa fokus seperti orang normal," jelasnya.
Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo. (antara/foto/firman)


Tak hanya menyasar para sopir angkutan umum di terminal-terminal, BNNP Kalsel juga bakal menyambangi pelabuhan dan bandara dengan kegiatan yang sama yaitu tes urine.

Nakhoda beserta awak kapal serta pilot dan kru kabin pesawat akan dicek semua dari penyalahgunaan narkoba.

"Kita semua berharap dalam arus penumpang di masa libur akhir tahun ini semuanya bisa lancar dan selamat. Salah satu bentuk upaya menjamin keselamatan itu adalah harus bebas dari penggunaan narkoba bagi pengemudi angkutan umum, pilot dan nakhoda," tandas
Aris.

Baca juga: Polisi-BNN Trenggalek operasi gabungan antisipasi lonjakan penumpang

Baca juga: BNN gagalkan penyelundupan narkoba dari negeri jiran Malaysia di Medan

Baca juga: BNN Kota Kediri tangani 17 pecandu narkoba
Pewarta : Firman
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019