Kepala Polda Bali ingatkan turis asing lebih waspada

Kepala Polda Bali ingatkan turis asing lebih waspada

Ilustrasi - Wisatawan asing di Pantai Seminyak, Badung, Bali. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/hp.

Denpasar (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Bali, Inspektur Jenderal Polisi Petrus R Golose, mengingatkan turis asing agar lebih waspada dan tidak memberikan kesempatan pelaku kejahatan melancarkan aksi.

"Menurut saya, kasusnya masih dalam batas kejahatan jalanan yang belum meresahkan, cuma karena melibatkan warga negara asing dan yang lebih penting semua kasus itu bisa diungkap," ujar dia, di Markas Polda Bali, Denpasar, Selasa.

Baca juga: Polisi Bali Usut Penjambret Turis Asing

Sebelumnya turis asing asal Spanyol, Rosse Pie Leal (40), menjadi korban pencurian dan kekerasan di Pantai Panjang-Panjang, Uluwatu.

Turis asing asal Selandia Baru bernama Mathius Tawi (21) juga menjadi korban pencurian dengan modus menawarkan jasa transportasi (ojek) di depan satu penginapan wilayah Kuta, Badung, Bali.

Selain itu, dua turis asing asal USA, Michael Montecillo (26) dan Hason Cheng (39), menjadi korban pencurian dengan pemberatan di wilayah Canggu, Kuta Utara, Badung.

Baca juga: Dua wisatawan Amerika Serikat korban pencurian di Canggu-Bali

Golose menyebut kejahatan terhadap turis asing juga terjadi di kota-kota wisata lain, di antaranya Paris, Perancis, Milan, Italia dan Chicago, Amerika Serikat. Ia pun mengingatkan turis asing agar tidak melakukan tindakan yang mengganggu ketertiban umum, apalagi tindakan kriminal.

"Mereka biasanya, mereka sendiri yang ribut seakan-akan Bali pulau yang tidak aman karena lepas kendali dari para turis sendiri," kata dia.

Jajaran Polda Bali dia pastikan menindak tegas semua pelaku kejahatan tanpa membeda-bedakan warga negara Indonesia mau pun warga negara asing.
Pewarta : Dyah Dwi Astuti
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 1970