Bandarlampung (ANTARA) -
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan bahwa pihaknya akan menempatkan personel di titik rawan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di wilayah Provinsi Lampung.

"Bertepatan dengan Operasi Lilin Krakatau 2019, kita akan tempatkan juga personel di beberapa posko yang sudah kita sediakan," katanya di Bandarlampung, Selasa.

Dia menyebutkan jumlah personel yang siap mengamankan jalannya perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 sebanyak 2.981 orang, dan mereka akan di tempatkan pada titik-titik rawan yang ada di Provinsi Lampung.

Baca juga: Polda Lampung pantau wilayah gunakan CCTV jelang Natal dan Tahun Baru

Selain itu, Polda Lampung juga akan memasang televisi sirkuit tertutup (CCTV) pada tiga wilayah rawan di Lampung, di antaranya Polres Lampung Tengah, Polres Lampung Selatan, dan Polresta Bandarlampung.

"Pada Polres Lampung Tengah ada dua titik pantauan CCTV, yakni di Jalinsum Simpang dan Jalinsum Pasar Bandar Jaya KM63. Di Polres Lampung Selatan ada dua titik pantauan yakni di Pelabuhan Bakauheni dan Simpang Tegineneng, sedang di Polresta Bandarlampung ada delapan titik pantauan, yakni Terminal Rajabasa, Stasiun KA Tanjungkarang, Simpang Baruna, Bundaran Tugu Radin Intan, Antasari, Mal Bumi Kedaton, Mal Candra, dan Tugu Adipura," kata dia.

Pandra mengimbau para pengemudi agar memperhatikan kondisi kendaraannya saat melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) maupun Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) agar tidak terjadi kecelakaan berlalu lintas.

Selain itu, dia juga mengimbau para pengemudi agar membawa peralatan kendaraan untuk mengantisipasi terjadi kendala saat dalam perjalanan.

"Kondisi sopir juga harus fit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika mengantuk, segera menepi di tempat yang aman atau istirahat pada rest area yang ada di sepanjang JTTS maupun posko. Jika ada kriminalitas, segera lapor melalui 110," katanya.

Baca juga: Kabid Humas Polda Banten: Jangan jadikan akhir tahun pesta Narkoba

Baca juga: Polda Jateng siapkan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Hisar Sitanggang/Damiri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019