Bupati : Semua pihak terlibat wujudkan Cianjur bebas korupsi

Bupati : Semua pihak terlibat wujudkan Cianjur bebas korupsi

Plt Bupati Cianjur, Jawa Barat, bersama berbagai lapisan pemerintah termasuk RTRW melakukan deklarasi Cianjur bebas korupsi di Alun-alun Kecamatan Sindangbarang, Senin (9/12) (Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Plt Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, meminta semua pihak terlibat dalam mewujudkan Cianjur bebas korupsi mulai dari tingkat RT/RW sampai ASN di lingkungan Pemkab Cianjur.

"Perilaku korupsi sudah membudaya, sehingga perlu adanya peran dari warga, ASN dan pihak lainnya dalam memberantas korupsi, meskipun tidak bisa sekaligus dan tidak hanya di tataran pemkab namun sampai pemerintah terendah RT/RW," katanya di Cianjur Senin.

Hari AntiKorupsi se-dunia, ungkap dia, harus dijadikan momentum untuk mewujudkan Cianjur bebas korupsi, sehingga pihaknya bersama seluruh lapisan pemerintahan hingga yang terendah menggelar deklarasi Cianjur antikorupsi.

"Dalam rangka memperingati hari antikorupsi se-dunia, kami mengajak semua pihak turut serta menghindari dan memberantas korupsi mulai dari tingkat RT sampai ke lingkungan pemkab," katanya.

Ketua DPRD Cianjur, Ganjar Ramadhan, mengatakan dalam upaya mencegah tindak pidana korupsi, pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi melakukan pengawasan di semua bidang.

"Semua pihak harus ikut serta mengawasi dan segera melaporkan agar celah kerawanan tindak pidana korupsi tidak terjadi, terlebih ASN di lingkungan pemerintahan harus lebih transparan dalam pengelolaan anggaran," katanya.

Pihaknya menekankan tindak pidana korupsi yang diungkap KPK beberapa waktu lalu di Cianjur, menjadi bahan introspeksi, agar hal yang sama tidak kembali terjadi di lingkungan pemerintahan.

"Harapan kami deklarasi Cianjur bebas korupsi tidak hanya wacana, tapi benar-benar terwujud melalui pemerintahan yang bersih," katanya.

Sementara Forum RWRT Cianjur, mendukung gerakan antikorupsi yang dipimpin Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman karena korupsi merupakan musuh bersama dan pemerintahan terbawah siap mewujudkan hal tersebut.

Ketua Forum RWRT, Daseng Dasimi mengatakan, korupsi adalah musuh bersama, sehingga Cianjur harus terbebas dari korupsi untuk dapat bersaing dan maju karena penyebab kemunduran selama ini adalah perilaku koruptif di semua jenjang pelayanan.

"Jika Cianjur ingin bergerak lebih cepat dalam pembangunan di segala bidang, maka harus berani melawan korupsi. Kami dari forum RWRT siap melaksanakan apa yang menjadi program Cianjur bebas korupsi," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur lakukan tes urine 200 anggotanya

Baca juga: Pemkab berencana tambah bus wisata Cianjur

Baca juga: Tim gabungan temukan jasad pekerja galian pasir di Cianjur
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019