Jakarta (ANTARA) -- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Kedutaan Besar Malaysia yang jatuh pada tanggal 7 Desember 2019, rumah sakit jantung terbesar di Malaysia, Institut Jantung Negara (IJN), menyelenggarakan tes ekokardiografi atau tes kesehatan jantung gratis untuk seluruh warga Kedubes dan Kedubes negara-negara sahabat di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Chief Operating Officer IJN Akmal Arief menyatakan, penyelenggaraan tes ekokardiografi sejalan dengan misi Kedubes Malaysia untuk Indonesia yakni untuk membangun kesadaran masyarakat setempat akan kesehatan jantung. 

Salah satu warga Kedubes Malaysia sedang menjalani tes ekokardiogram (Antara)

"Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Kedubes Malaysia di Indonesia untuk membangun kesadaran masyarakat setempat akan kesehatan jantung," ujar Akmal saat ditemui di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Kedubes Malaysia di kantor Kedubes Malaysia, Sabtu.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, penyakit kardiovaskuler, termasuk jantung dan stroke, merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, masih didasari survey yang sama, 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung. 

Prevalensi penyakit jantung yang diderita masyarakat Indonesia pun tercermin dari data jumlah pasien Indonesia yang berobat di IJN, yang notabene menjadi pasien asing terbanyak. 

Akmal mengungkapkan, pihaknya melayani rata-rata 20-30 pasien asal Indonesia setiap harinya. 

"Kami menawarkan berbagai keunggulan. Selain harga sangat kompetitif bila dibandingkan rumah sakit sejenis di kawasan Negeri Jiran, kami pun telah bekerjasama dengan banyak asuransi di Indonesia sehingga memudahkan pasien untuk mengurus administrasi pembayaran," paparnya.

Sementara itu, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Bakar menyampaikan apresiasinya atas dukungan IJN dalam menyukseskan Hari Kesehatan Kedubes Malaysia dengan menghadirkan layanan tes ekokardiografi gratis ini. 

"Tentunya, ini (tes kardiografi) juga menjadi salah satu bentuk cara untuk memperkuat hubungan antar kedua negara," tukasnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019