Polri imbau 1 Desember warga Papua tetap fokus ibadah Minggu

Polri imbau 1 Desember warga Papua tetap fokus ibadah Minggu

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra (kiri) (ANTARA/ HO-Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengimbau agar warga Papua fokus melaksanakan ibadah Minggu pada 1 Desember 2019 mendatang.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada kelompok massa yang akan turun ke jalan untuk merayakan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

"Tanggal 1 Desember itu bertepatan dengan hari Minggu, dimana pada hari Minggu itu ada kegiatan rutin kaum Nasrani di Papua melaksanakan ibadah. Pemerintah Daerah terus menggelorakan semangat ibadah ini sehingga tanggal 1 Desember itu semuanya fokus untuk ibadah rutin Minggu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Baca juga: LSM ajak masyarakat tolak perayaan HUT OPM

Situasi di Papua, kata Asep, hingga saat ini aman dan kondusif.

Jelang 1 Desember, TNI-Polri dan pemda setempat terus mensosialisasikan imbauan dan menggelar patroli rutin untuk menjaga situasi di Papua tetap kondusif.

Selain terus memantau keamanan di lapangan, Polri juga memantau percakapan netizen di media sosial.

Baca juga: Polri melarang perayaan HUT OPM

Baca juga: Polda Papua kerahkan 1.300 personil jelang HUT OPM


Polri tidak memperbolehkan adanya aksi massa atau pun perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

"Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan," kata Asep.

Tidak diberikannya izin tersebut merupakan langkah dari Polri untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat merugikan masyarakat.
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019