Kasubden Jibom Gegana Brimob Polda Sumut AKP Daud Pelawi menjelaskan bom yang dicerai beraikan itu, merupakan barang bukti dari hasil penggeledahan petugas di tambak milik HBL, jaringan kelompok bom di Mapolrestabes Medan.
Medan (ANTARA) - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri bekerjasama dengan Polda Sumatera Utara memusnahkan bom di lahan perkebunan PTPN Desa Klumpang Kebon, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Kamis.

Kasubden Jibom Gegana Brimob Polda Sumut AKP Daud Pelawi menjelaskan bom yang dicerai beraikan itu, merupakan barang bukti dari hasil penggeledahan petugas di tambak milik HBL, jaringan kelompok bom di Mapolrestabes Medan.

Bom tersebut, menurut dia, ditemukan di Canang Kering, Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

"Pemusnahan bom itu menggunakan metode pendistrakteran. Sedangkan bom, hari Senin (18/11) secara disposal, yakni dihancurkan," ujarnya.
Baca juga: Polisi dilarang cuti hingga Pilpres

Ia menyebutkan, proses pendistrakteran itu, tim Jibom memisahkan komponen dari rangkaian bom tersebut.

"Kita pisahkan dari casingnya, kabel switchnya, dan inisiator, serta isinya berupa paku dan beberapa komponen lainnya," katanya.
Ketika ditanyakan berapa panjang bom itu, Daud mengatakan lebih kurang 40 cm, dan terdiri dari beberapa unit.

"Bom tersebut ada beberapa buah dan lebih jelasnya tanyakan kepada penyidik," kata Daud.

Tim Densus 88 Mabes Polri bersama Polda Sumut telah menetapkan 30 orang tersangka terkait dengan kasus bom di Mapolrestabes Medan.

Jumlah tersangka kasus bom bunuh diri, Senin (18/11) sejumlah 26 orang. Namun ada penambahan 4 orang lagi tersangka yang terlibat dalam bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan.
Baca juga: Polisi dilarang cuti selama Operasi Ketupat

Keempat tersangka baru itu, ditangkap Tim Densus 88, Senin (18/11) malam di wilayah hukum Polrestabes Medan.

Hingga Selasa (19/11) total tersangka sudah mencapai 30 orang.

Ledakan bom terjadi di Makopolrestabes Medan, di Jalan HM Said, Medan, Rabu (13/11) sekitar pukul 08.35 WIB.

Ledakan yang bom bunuh diri itu dilakukan RMN (24) di sekitar kantin Polrestabes Medan yang mengakibatkan enam orang terluka yakni 4 orang polisi dan 2 orang warga sipil.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019