DNetwork-Accor kerja sama buka lapangan kerja penyandang disabilitas

DNetwork-Accor kerja sama buka lapangan kerja penyandang disabilitas

Penandatanganan kerja sama DNetwork dengan grup perhotelan Accor dalam membuka dan menyediakan lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas di Bali di Nusa Dua, Bali, Kamis (20/11). (ANTARA/Fikri Yusuf)

Badung (ANTARA) - Organisasi non-profit yang berbasis di Bali, DNetwork bekerjasama dengan grup perhotelan yang memiliki jaringan lebih dari 125 hotel, Accor, membuka dan menyediakan lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas di Bali.

"Kami senang bahwa Accor sebagai mitra industri kami, mendukung dan menciptakan ekosistem serta lingkungan kerja yang inklusif bagi mereka," ujar Project Manager DNetwork, Hani Fauzia Ramadhani, di Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis.

Ia mengatakan, kerja sama tersebut memungkinkan pihaknya untuk memberdayakan individu dengan kebutuhan khusus dan membantu mereka untuk bekerja di industri perhotelan.

Baca juga: Media didorong bantu pemenuhan kuota kerja penyandang disabilitas

"Kolaborasi ini memungkinkan semua hotel di jaringan Accor Bali-Lombok membangun tenaga kerja inklusif yang berkembang dengan beragam kemampuan," katanya.

Melalui kerja sama itu, selain melakukan rekrutmen, DNetwork juga ingin semua hotel di grup Accor dapat memfasilitasi penyandang disabilitas dengan sejumlah pelatihan seperti Bahasa Inggris dan komputer dan memfasilitasi proses adaptasi agar mereka dapat dan mengenal dunia kerja.

Sejauh ini, pihaknya telah memfasilitasi sekitar 250 orang penyandang disabilitas dari sejumlah daerah untuk bekerja di berbagai sektor.

"Dari jumlah itu, 85 persennya ada di Bali. Dan yang di Bali, hampir seluruhnya bekerja di sektor hospitality karena industri hotel merupakan sektor yang paling diminati di Bali," kata Hani Fauzia.

Ia menambahkan, hingga saat ini pihaknya juga telah membantu sekitar enam orang penyandang disabilitas untuk dapat bekerja di tiga hotel dalam jaringan Accor yang tersebar di wilayah Bali.

Baca juga: Penyandang disabilitas mulai dilirik penyedia lapangan kerja

"Teman-teman di industri perhotelan ini juga lebih membuka kesempatan kerja bagi para penyandang disabilitas dan mungkin mereka yang paling terbuka dengan penyandang disabilitas," katanya

Sementara itu, Chief Operating Officer, Accor Malaysia, Indonesia, Singapore dan South Asia, Garth Simmons, mengatakan, dengan kerja sama itu, hotel-hotel di jaringan Accor akan menyediakan kesempatan dalam bentuk program pre-training dan program hospitality.

"Selain itu kami juga membuka lapangan kerja dengan bantuan dari DNetwork untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi para penerima dukungan," katanya.

Melalui program itu, pihaknya juga akan melanjutkan dukungannya dalam memberikan kesempatan kerja di hotel-hotel jaringan Accor dan membantu memelihara semangat Keberagaman serta inklusi di semua properti yang dimiliki.

“Kami sangat bangga dapat bekerjasama dengan DNetwork dalam kolaborasi penting yang mendukung upaya kami untuk memberikan kembali kepada komunitas dan membuat perbedaan dalam kehidupan para individu dengan kebutuhan khusus," ujar Garth Simmons.

Baca juga: Diskriminasi kerja masih dialami penyandang disabilitas
Baca juga: Pemerhati: Penyandang disabilitas diharapkan tingkatkan kemampuan
Baca juga: Kemensos gandeng Kemenperin tingkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas
Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019