Ternate, Maluku Utara (ANTARA) -- Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba meminta kepada para pemerintah kabupaten (pemkab) agar memberikan dukungan terhadap pengembangan iklim investasi tiap-tiap kabupaten.

"Sebagai wakil pemerintah pusat, tentunya pemprov menindaklanjuti dengan memberi kemudahan dan peluang sebanyak-banyaknya investor masuk ke Malut agar kesejahteraan kepada masyarakat," kata Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba di Ternate, beberapa waktu lalu.

Dia menyatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar pemda tidak mempersulit izin bagi investor yang akan menanamkan modalnya di daerah.

Akan tetapi, perusahaan juga tentunya harus mengikuti prosedur dan aturan berlaku dengan mekanisme perizinan dan tidak melanggar hukum.

Geliat investasi kelapa sawit di kabupaten Halmahera Selatan

Salah satu bentuk investasi yang tumbuh sangat signifikan di Provinsi Maluku, tepatnya di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) adalah perkebunan kelapa sawit yang dimiliki oleh Korindo Group melalui unit usaha kelapa sawitnya, PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM).

Terletak di desa Gane Dalam, Kabupaten Halsel, PT GMM mengelola perkebunan kelapa sawit seluas 10.000 Ha. 

Melalui investasi usaha perkebunan sawit ini, perusahaan memproyeksikan dapat menyerap 1,800 tenaga kerja dengan mayoritas menggunakan tenaga kerja lokal. Hal ini diyakini dapat turut mengurangi jumlah pengangguran dan berdampak pula pada meningkatnya roda perekonomian daerah ini.

Pada kesempatan berbeda, Karo Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Pemprov Malut, Muliadi Tutupoho menambahkan, Pemprov Malut meminta agar Pemkab mendukung invesntasi PT GMM di wilayah Gane, karena telah memberi kontribusi terhadap daerah.

"Tidak saja dari segi penerimaan pendapatan daerah, tetapi dari segi peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama di sekitar kawasan perusahaan," katanya.

Sementara itu, Koordinator CSC PT GMM, Mahdi M. Nur mengatakan, dalam pengimplementasian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSC/CSR) pihaknya berkomitmen pada lima pilar utama, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, dan lingkungan.

"Selain menyerap tenaga kerja lokal, kami pun aktif mendukung pembangunan desa, seperti pembangunanan fasilitas ibadah, jalanan desa, dan penyediaan fasilitas dan alat-alat pendidikan, hingga beasiswa," tukasnya.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019