Bandarlampung (ANTARA) - Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang -Kayu Agung diharapkan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat setelah resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Awal perjalanan yang harus ditempuh adalah 12 jam saat ini hanya membutuhkan waktu 3 jam dapat dikatakan segala distribusi dan perjalanan menjadi lebih efisien, " ujar Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Jumat.

Menurutnya, segala distribusi pertanian dan perkebunan asal Lampung akan mudah didistribusikan ke Sumatera Selatan atau daerah sekitar.

"Distribusi terutama pertanian sebagai basis utama di Lampung kelak akan lebih mudah dilakukan ke arah Sumatera Selatan ataupun ke daerah Jakarta dan sekitarnya sebab Lampung merupakan daerah penyangga, " ujarnya.

Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang -Kayu Agung dengan panjang 189 km menjadi salah satu tol terpanjang , dan telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri menjadi salah satu jalan alternatif yang efisien bagi masyarakat untuk mempersingkat perjalanan.

Baca juga : Gubernur sebut JTTS tingkatkan kelancaran transportasi Sumatera-Jawa

“Bila semua sudah dapat dilakukan secara cepat dan efisien maka kenaikan harga akan diminimalisir dan menyejahterakan masyarakat", ujarnya.

Guna memaksimalkan penggunaan tol maka pemerintah provinsi dan kabupaten berkomitmen membangun ruas jalan yang terhubung ke jalan tol.

Menurutnya, jalan tol akan dimaksimalkan dengan pembangunan ruas jalan-jalan provinsi dan kabupaten.

"Sayang sekali bila tol sudah terbangun dengan memakan dana yang cukup besar, namun, ruas jalan provinsi ataupun kabupaten tidak terbangun dengan baik, sehingga pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk membangun ruas jalan Provinsi agar tol dapat dipakai secara efisien bagi kegiatan keseharian masyarakat, " kata Wakil Gubernur Lampung.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019