Terimakasih kepada PLN
Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengatakan peresmian kabel laut circuit II Tanjung Pasir-Pulau Untung Jawa merupakan kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kepulauan Seribu.

"Terimakasih kepada PLN," kata Wabup Junaedi saat peresmian kabel laut di Pulau Untung Jawa, Rabu.

Junaedi menjelaskan dukungan penguatan kelistrikan di Kepulauan Seribu merupakan amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2011 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional tahun 2010-2025.

"Kita harus menyiapkan sarana dan prasarana salah satunya listrik, karena ditetapkan sebagai 10 Bali baru," jelas Junaedi.

Baca juga: Kabel laut circuit II Tanjung Pasir-Pulau Untung Jawa diresmikan

Dia juga berharap penguatan daya listrik itu juga menyentuh pulau-pulau resort atau pulau wisata selain pulau pemukiman penduduk. Para pengusaha pariwisata merupakan penyumbang APBD bagi DKI Jakarta.

"Mereka sering bertanya kepada pemerintah daerah kapan mereka bisa mendapatkan listrik," ujar Junaedi.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad dalam peresmian itu turut memberikan sejumlah bantuan di antaranya empat buah sepeda listrik bagi para pemilik persewaan sepeda di Pulau Untung Jawa.

Satu buah motor listrik bagi operasional Kelurahan Untung Jawa, 50 kompor induksi bagi 27 Pedagang di Kawasan Taman Arsa, Kantor Kelurahan, Lurah, dan 3 Pejabat Rukun Warga di Pulau Untung Jawa.

Baca juga: PHE dan Pemkab Kepulauan Seribu segera sosialisasikan eksplorasi migas

Empat buah SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) dengan daya total 44.000 VA yang tersebar di Taman Goba, Halte Dinas Perhubungan, Dermaga Timur, dan Kawasan Taman Arsa. Empat buah Charging Station yang tersebar di sekitar Dermaga Pulau Untung Jawa.

Selain itu, bantuan lain kepada tujuh warga kurang mampu berupa penyambungan listrik gratis, yang terdiri atas penyambungan gratis daya 450 VA bagi tiga pelanggan, dan daya 900 VA bagi empat pelanggan serta wakaf 100 Al-Quran, pengobatan gratis, santunan dana bagi warga pulau Untung Jawa dari YBM PLN.

Terakhir bantuan yang diberikan dari dana CSR PLN, berupa fasilitas umum seperti pompa air dan instalasinya, fasilitas olahraga serta fasilitas pendukung masjid untuk warga.

Baca juga: Nelayan diimbau tidak mendekati wilayah eksplorasi migas Pertamina

"Dengan bantuan dan perkuatan sistem ketenagalistrikan di Kepulauan Seribu dari PLN, kami berharap Kepulauan Seribu menjadi pelopor Green Island yang seluruhnya pasokan energinya ramah lingkungan," jelas Ikhsan.

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019