Surabaya (ANTARA) - Manajemen Persebaya dan Suporter Persebaya Bonek Mania mengapresiasi kerja bakti massal yang digelar Pemerintah Kota Surabaya untuk membersihkan area stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat..

Presiden Persebaya Azrul Ananda mengapresiasi inisiatif Pemkot Surabaya untuk melakukan kerja bakti di GBT, apalagi acara tersebut juga menggandeng Bonek Mania. "Sering-sering kerja bakti di sini ya, mas Eri (Kepala Bappeko Surabaya). Biar stadionnya semakin bagus," kata Azrul.

Azrul mengatakan agenda perbaikan stadion untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 akan menjadikan GBT sebagai stadion berstandar internasional. "GBT akan naik kelas. Berarti timnya, penontonnya, dan semua yang ada di dalamnya juga harus naik levelnya," kata Azrul.

Baca juga: Wali Kota Risma inspeksi di luar Stadion GBT

Sementara itu, salah seorang tokoh Bonek Cak Cong mengatakan pihaknya bersyukur karena semua pihak berkumpul menjadi satu demi menjadikan stadion GBT semakin bagus, bahkan sesuai standar FIFA. Apalagi, Bonek juga dilibatkan dalam pembenahannya.

"Kami yang selama ini ibaratnya penghuni setia GBT tentu punya banyak masukan berharga terhadap kandang tercinta kami ini," kata Cak Cong yang mengajak elemen Bonek lain untuk datang ke GBT.

Acara kerja bakti di GBT juga digunakan Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi untuk mendetailkan renovasi GBT, termasuk pembenahan jalur penonton menuju tribun. Salah satunya jendela sirip yang rencananya akan dilepas semua.

Baca juga: Pemprov Jatim: Pernyataan Gubernur tentang GBT motivasi bagi Surabaya

"Kita akan ganti dengan tabir yang dipasang dari atas. Penonton tetap akan aman saat menaiki tangga menuju tribun karena sudah ada besi pengaman di tangga dan semua balkon," ujar Eri.

Pembenahan lainnya adalah pengamplasan, perbaikan paving stone, dan pengecatan ulang pagar-pagar besi di bagian jalur suporter. "Mobil damkar bisa ke sini sekarang. Kita perlu melepas jalusi-jalusi (jendela sirip) di sini," kata Eri saat berkoordinasi dengan jajarannya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019