Menteri sektor ekonomi dekat dengan olahraga, menpora sebaliknya

Menteri sektor ekonomi dekat dengan olahraga, menpora sebaliknya

Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan dan melantik Kabinet Indonesia Maju yang akan membantunya lima tahun ke depan di Istana Negara, Jakarta, Rabu setelah sebelumnya dipanggil dalam dua gelombang untuk melakukan wawancara.

Dari 34 menteri dan empat pejabat setingkat meteri yang dilantik, ada yang baru, ada petahana dan ada pula yang pindah posisi. Dan yang cukup menarik disoroti adalah menteri dari sektor ekonomi yang ternyata lebih dekat dengan olahraga dibanding Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sendiri.

Untuk posisi Menpora sendiri, Presiden Jokowi menunjuk politisi dari Partai Golkar Zainudin Amali. Adapun pada kabinet kerja lalu, posisi Menpora dijabat politisi PKB Imam Nahrawi yang saat ini tersangkut kasus dugaan korupsi dana hibah KONI.

Zainudin Amali memang seorang politisi tulen. Pria kelahiran Gorontalo, 16 Maret 1962 dalam tiga periode (2004-2009, 2009-2014, 2014-2019) menjadi anggota DPR RI. Selain itu beberapa jabatan strategis dipegang di partai dengan logo Pohon Beringin itu. Hal itu memperpanjang catatan menteri sebelumnya yaitu Imam Nahrawi, Roy Suryo, Andi Mallarangeng hingga Adhyaksa Dault yang murni dari kalangan politisi.

Adapun menteri sektor ekonomi yang begitu dengan olahraga diantaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato. Politisi Partai Golkar ini merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI). Peran sertanya dalam menggembangkan olahraga bela diri asal China itu sudah banyak terlihat.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan anggar seluruh Indonesia (IKASI) masa jabatan 2018-2022. Saat ini Agus bersama pengurus lain giat menyiapkan atlet untuk SEA Games 2019 Filipina.

Berikutnya Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Meski bukan seorang ketua induk organisasi cabang olahraga, mantan Menteri Sosial ini merupakan founder atau Pendiri Asiana Soccer School

Dan yang cukup menyita perhatian yaitu Menteri BUMN Erick Thohir. Siapa tidak kenal dengan mantan presiden klub Inter Milan itu. Sejumlah posisi di lingkungan olahraga baik level nasional maupun internasional pernah dipegang.

Sebelum menjadi Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick juga pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi) periode 2006-2010 bahkan juga menjadi Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006 – sekarang.

Baca juga: Menpora diharapkan langsung koordinasi dengan induk cabang olahraga

Baca juga: Ongen Saknosiwi berharap Menpora baru saksikan langsungupertarungannya


Erick juga dipercaya menjadi Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London. Ia menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki Tim bola basket NBA ketika ia membeli saham Philadelphia 76ers. Pada 2012, Erick dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United.

Pada pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Erick mendapatkan kepercayaan menjadi Ketua Panitia Penyelenggara (INASGOC) kejuaraan empat tahunan itu. Kesuksesan diraih oleh pria berusia 49 tahun itu membawanya menjadi anggota Federasi Olahraga Dunia (IOC) serta menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin.

Selain ekonomi, ada beberapa menteri lain yang cukup dekat dengan olahraga. Sebut saja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat). Begitu juga Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang merupakan Ketua Harian Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) dan Prabowo Subianto adalah ketua umumnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga tidak ketinggalan. Pria yang gemar main musik itu juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) periode 2016-2020.

Dan satu lagi adalah Menteri Sosial Juliari Batubara. Pria kelahiran 22 Juli 1972 sebelumnya pernah menjadi Ketua Biro Promosi & Pemasaran KONI Pusat dan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) periode 2003 hingga 2011.

Baca juga: Kabinet Indonesia Maju teruskan program pembangunan

 
Pewarta : Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019