Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa kebutuhan dasar ribuan pengungsi korban angin kencang di Kota Batu terpenuhi.

Khofifah mengatakan, dirinya telah memastikan tiga kebutuhan dasar para pengungsi tersebut bisa dipenuhi oleh Pemerintah Kota Batu. Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri telah memberikan bantuan berupa pakaian, makanan, alas tidur, dan lainnya.

"Saya sudah menanyakan ke Wali Kota Batu, pertama, pastikan bahwa tiga infrastruktur dasar bagi masyarakat terpenuhi, pendidikan, kesehatan, dan layanan ibadah," kata Khofifah usai menemui para pengungsi di kantor Balai Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, tiga desa yakni Desa Sumber Brantas, Desa Gunungsari, dan Desa Sumbergondo, terdampak bencana angin kencang yang terjadi sejak Sabtu (19/10).

Kejadian tersebut memaksa ribuan warga mengungsi untuk alasan keamanan. Tercatat ada kurang lebih ada sebanyak 1.182 pengungsi dan satu orang meninggal dunia akibat bencana angin kencang yang menerjang Desa Sumber Brantas.

Khofifah menambahkan, berdasarkan informasi yang diterima dari Pemerintah Kota Batu, kebutuhan tempat ibadah dan kesehatan seperti puskesmas dinyatakan dalam keadaan baik dan bisa dipergunakan oleh para pengungsi.

Sementara untuk sekolah, lanjut Khofifah, ada satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terdampak, dan membutuhkan pembenahan secepatnya. Bagi para siswanya, bisa diliburkan atau belajar di luar kelas.

"Dalam waktu satu minggu ini, anak-anak diliburkan atau belajar di luar kelas. Setelah itu, kita berharap ada semacam tempat untuk sekolah darurat, supaya anak-anak itu tidak terlalu lama libur," kata Khofifah.

Sementara untuk bantuan makanan, minuman, dan lainnya, berdasrkan pantauan ANTARA, di Balai Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu cukup melimpah. Masyarakat Malang Raya tidak sedikit yang menyumbang bahan makanan atau keperluan lain para pengungsi.

"Kebersamaan dan solidaritas Malang Raya sangat luar biasa. Saya sampaikan terima kasih bahwa masyarakat Malang Raya sudah memberikan solidaritas yang baik," tutup Khofifah.
Baca juga: Pemprov bantu percepatan pemulihan usai angin kencang di Kota Batu
Baca juga: Khofifah temui pengungsi korban angin kencang Kota Batu


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019