Festival Mahakam XIX kembali digelar di tepian Sungai Mahakam

Festival Mahakam XIX kembali digelar di tepian Sungai Mahakam

Salah satu kegiatan pada Festival Mahakam (ANTARA/dok Disparkominfo Kota Samarinda)

Samarinda (ANTARA) - Festival Mahakam XIX 2019 yang kembali masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia di kalender Kementerian Pariwisata RI akan kembali digelar di  sepanjang tepian Sungai Mahakam, pada 1-3 November.

"Alhamdulillah, Festival Mahakam tahun ini kembali menjadi kalender event Kementerian Pariwisata dalam 100 Wonderful Event Indonesia. Untuk itu, kita panitia akan tetap memberikan gelaran pesta rakyat yang bukan hanya untuk warga Samarinda maupun Kaltim tapi disajikan untuk undangan dari luar," ujar ketua Panitia Festival Mahakam XIX  2019 Sugeng Chairuddin di Samarinda, Senin.

Dia mengatakan, seperti tahun lalu,  Festival Mahakam (Fesma) tahun ini akan dihadiri tim kebudayaan dari luar negeri, yakni Latvia.

"Jika tahun lalu ada tim kebudayaan Spanyol, Prancis dan Italia, Insya Allah tahun ini yang baru memberikan konfirmasi dari Latvia. Rencana masih ada beberapa lagi. Sehingga akan semakin memeriahkan festival ini dengan aneka kebudayaan," kata Sugeng yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda.

Sugeng mengatakan Fesma sebagai agenda tahunan yang sudah memasuki tahun ke 19 bertujuan untuk menggali, melestarikan serta mempromosikan sungai Mahakam sebagai destinasi unggulan Kota Samarinda guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara.

Baca juga: Festival Mahakam akan pecahkan dua rekor MURI
 

Lebih rinci Sekretaris Panitia yang juga kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan, Fesma tetap mengusung berbagai kegiatan sungai dan darat.

"Sebagai ikon Festival Mahakam, lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam tetap kita laksanakan. Ada juga balap perahu naga, tambangan, power boating, perahu dompeng dan jet ski," terang Ayu.

Jadi sebut Ayu, rangkaian kegiatan tahun 2019 ini tetap diperkaya dengan penampilan musik, tarian, beberapa lomba, kegiatan seni dan olahraga air (sungai).

Kegiatan multi-event ini akan dilaksanakan di  sepanjang tepian Sungai Mahakam, mulai dermaga kantor gubernur, halaman kantor gubernur, depan Islamic Centre, lapangan Karang Asam dan Atrium Big Mall.

"Untuk partisipasi kegiatan, bisa langsung ke sekretariat Fesma di kantor Dinas Pariwisata Samarinda Jl Dahlia," pungkas Ayu.

 

Baca juga: Jembatan Mahakam IV ditargetkan rampung Oktober

 

Pewarta : Arumanto
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019