Banyumas (ANTARA) - Petugas gabungan yang terdiri atas Unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyumas dan Kepolisian Sektor Cilongok serta dibantu masyarakat memadamkan kebakaran yang melanda Pasar Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat petang.

Informasi yang dihimpun ANTARA, kebakaran tersebut pertama kali diketahui warga sekitar pukul 17.50 WIB.

Saat itu, warga di sekitar pasar melihat ada kepulan asap berwarna hitam dan mereka mengira berasal dari pembakaran sampah.

Akan tetapi setelah dicek, ternyata terjadi kebakaran yang melanda pasar tersebut.

"Tadi pas azan Maghrib ada asap hitam dari belakang Toko Almira dan Toko Emas Taruna. Semula saya kira asap dari pembakaran sampah namun ternyata apinya langsung membumbung tinggi," kata salah seorang pedagang Pasar Cilongok, Supio.

Oleh karena itu, dia segera mengevakuasi istri dan anaknya menjauhi area pasar. Selanjutnya dia membantu pedagang untuk mengeluarkan barang-barang dari dalam toko karena khawatir kebakaran tersebut merembet ke toko dan kios lainnya.

Tidak lama kemudian, empat mobil pemadam kebakaran yang terdiri tiga unit dari Pos Induk Pemadam Kebakaran Purwokerto dan satu unit dari Pos Damkar Wangon yang tiba di lokasi kejadian langsung berupaya melokalisasi kebakaran agar tidak meluas.

Sekitar pukul 19.30 WIB, api yang membakar Pasar Cilongok dapat dikendalikan hingga akhirnya bisa dipadamkan oleh petugas.

"Api sudah dapat diatasi, sekarang tinggal finishing," kata Koordinator Pos Damkar Wangon Ramidi.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor Cilongok Ajun Komisaris Polisi Warsono mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran yang melanda kios pedagang sayur.

"Kami belum mengetahui berapa jumlah kios yang terbakar termasuk penyebabnya, masih dalam penyelidikan karena saat sekarang masih dalam proses pemadaman," katanya.

Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas di ruas jalan Ajibarang-Purwokerto menjadi macet sehingga petugas berupaya mengurai kemacetan yang terjadi.

Baca juga: Rumah di Pasar Minggu terbakar akibat pembakaran sampah

Baca juga: Penampungan korban kebakaran Cawang didekorasi meriah

Baca juga: Pasar Blabak Magelang terbakar

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019