Tangerang (ANTARA) - Aparat Polresta Tangerang, Banten, menyiagakan sekitar 800 petugas pengamanan menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin terutama di stasiun kereta api dan gerbang tol.

Pelaksana Harian Kapolresta Tangerang, AKBP Komarudin di Tangerang, Jumat, kegiatan itu mengatakan merupakan bagian dari operasi pengamanan.

"Petugas siaga di pintu tol Balaraja Barat, Balaraja Timur, gerbang Kedaton, gerbang Tol Cikupa," katanya.

Komarudin mengatakan pengamanan juga pada sejumlah titik seperti stasiun kereta api (KA) Daru, stasiun KA Tigaraksa, dan stasiun KA Cikuya.

Namun untuk pengamanan tersebut pihaknya telah mengelar apel pasukan di Depan Gedung Serba Guna Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Jumat petang.

Sedangkan pihaknya juga mengamankan kawasan perbatasan yang merupakan tempat berkumpul massa atau areal keberangkatan ke Jakarta.

Baca juga: Polda Banten apel pasukan kesiapan pengamanan pelantikan presiden

Baca juga: Polda siapkan 1.700 personel amankan Jatim saat pelantikan presiden

Baca juga: 450 personel gabungan Sidoarjo siap jaga pelantikan Presiden


Menurut mantan Kapolres Serang, Banten itu bahwa operasi pengamanan akan berlangsung hingga Senin (21/10).

Petugas yang diterjunkan dalam pengamanan itu selain aparat kepolisian juga dari Kodim 0510 Tigaraksa dan Satpol PP Kabupaten Tangerang.

Dia menambahkan telah mendapat informasi akan ada sekelompok massa yang akan bertolak ke Jakarta pada saat pelantikan presiden, tapi dari kelompok pendukung presiden ikut meramaikan pelantikan secara langsung.

Pihaknya mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan pada saat sebelum, saat, dan setelah pelantikan presiden.

Dia berharap proses pelantikan dapat berlangsung aman dan lancar karena momentum sakral yang tidak hanya menjadi agenda nasional, melainkan juga menjadi perhatian internasional.

Komarudin menambahkan seluruh elemen masyarakat untuk turut menjaga keamanan demi menyukseskan suksesi kepemimpinan nasional.

Pewarta: Adityawarman(TGR)
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019