Kemendagri beri penghargaan Kesbangpol atas sukses Pemilu 2019

Kemendagri beri penghargaan Kesbangpol atas sukses Pemilu 2019

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (tengah) bersama Pelaksana tugas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Profesor Hariyono (ketiga kiri) dan Pelaksana tugas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar (ketiga kanan) melakukan "salam Pancasila" di Jakarta, Rabu (16/10/2019). ANTARA/Abdu Faisal/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan bagi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang telah berpartisipasi, mengawal dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Profesor Hariyono, dan Plt. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar.

“Sukses Pemilu Serentak 2019 yang telah dilaksanakan menjadi salah satu bentuk nyata Kesbangpol dan Kemendagri yang selalu tegak lurus pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, membumikan Pancasila di seluruh tanah air," kata Bahtiar pada acara Rapat Koordinasi Nasional Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mendagri: Kesbangpol kunci stabilitas daerah dan nasional

Baca juga: Kesbangpol Aceh ajak semua pihak utamakan kepentingan bangsa

Baca juga: Kesbangpol Jabar fasilitasi mahasiswa untuk bertemu Gubernur


Tak hanya sukses pada Pemilu Serentak 2019, menurut Bahtiar, para jajaran Kesbangpol mengawal hingga tahapan akhir Pemilu, yakni pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu Serentak 2019, pada tanggal 20 Oktober 2019.

“Penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada Kesbangpol di seluruh Indonesia yang telah sukses mendukung Pemilu 2019, sudah setahun mereka bekerja, juga siap mengawal pelaksanaan pelantikan Presiden pada tanggal 20 Oktober 2019,” ujar Bahtiar.

Adapun perwakilan Kesbangpol yang mendapatkan penghargaan yakni:

Pertama, perwakilan Pemerintah Provinsi, yaitu: Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Kesbangpol Provinsi D.I. Yogyakarta, dan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Utara.

Kedua, perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota, yaitu: Kesbangpol Kabupaten Kaur, Kesbangpol Kota Pematang Siantar, dan Kesbangpol dan Linmas Kota Tegal.

Selain penghargaan yang diberikan Kemendagri kepada Kesbangpol di daerah, dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala BPIP Hariyono juga memberikan penghargaan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo atas kerja samanya untuk senantiasa membumikan Pancasila.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019