Tentunya dengan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, baik investor maupun pemerintah
Samarinda (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menegaskan daerah setempat membuka peluang investasi, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Siapa pun dan dari mana pun yang ingin berinvestasi, pemerintah daerah siap menerima. Tentunya dengan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, baik investor maupun pemerintah," kata dia di Samarinda, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat menerima kunjungan kerja Konsulat Jenderal Australia di Makassar Richard Mathew dan Minister Konselor Bidang Ekonomi, Investasi, dan Infrastruktur dari Kedutaan Besar Australia Jakarta Alison Duncan, serta Sekretaris 2 Bidang Ekonomi Peter Simojoki di ruang kerja Gubernur Kaltim Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim.

Ia menjelaskan pembangunan perekonomian Kaltim saat ini fokus pada pengembangan industri hilir (batu bara, palm oil, minyak, dan gas).

Baca juga: Ibu Kota pindah, Investasi di Kaltim bisa melonjak hingga 47,7 persen

Hal itu, kata dia, tentu memerlukan investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Investasi dari luar negeri sangat baik selama itu saling menguntungkan. Kami tidak pernah menutup diri. Dalam kesepakatan yang sudah berjalan, jika salah satu pihak merasa tidak diuntungkan maka harus dibuat kesepakatan baru untuk menjaga iklim investasi," katanya.

Kepada perwakilan Pemerintah Australia di Indonesia, Isran Noor juga menyampaikan keinginannya dalam rangka meningkatkan kualitas guru-guru, khususnya di bidang kejuruan.

Dirinya ingin segera dilakukan kerja sama di bidang pendidikan antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Australia.

Kerja sama itu, katanya, untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal guna menyongsong Ibu Kota Negara di Kaltim.

"Saya ingin mengirim guru-guru kejuruan untuk belajar bahasa Inggris di Australia, sehingga bisa fasih berbahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional," kata Isran.

Konjen Australia di Makassar Richard Mathew menyambut baik keinginan tersebut.

Bahkan, menurut dia, lembaga pendidikan di Australia, baik milik swasta maupun pemerintah, akan siap membantu mewujudkan keinginan orang nomor satu di daerah dengan sebutan "Benua Etam" tersebut.

“Kita juga siap mengirim tenaga pengajar ke Kaltim untuk menindaklanjuti keinginan gubernur itu. Bahkan, ini biayanya lebih murah daripada mengirim guru ke Australia. Karena memang kami memiliki jasa itu, tidak hanya di bidang pendidikan. Bidang lainnya, seperti kesehatan, peternakan, maupun pariwisata," katanya.

Baca juga: Ibu kota negara pindah, investasi swasta di Kaltim perlu dimudahkan
Baca juga: Kalimantan Timur prospek investasi ASEAN
Baca juga: Ini target realisasi investasi 2019 di Kaltim

 

Pewarta: Arumanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019