801 atlet adu ketangguhan di Kompetisi Olahraga Air TNI AL

801 atlet adu ketangguhan di Kompetisi Olahraga Air TNI AL

Lomba perahu naga di Kompetisi Olahraga Air Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) di Ancol Beach City, Jakarta Utara. (ANTARA/Fianda Rassat)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 801 atlet olah raga air kategori renang dan dayung perahu naga akan adu ketangguhan dalam Kompetisi Olahraga Air Tentara Negara Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada 11-13 Oktober 2019

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji berharap kompetisi ini bisa memupuk sumber daya manusia yang unggul di bidang maritim sehingga dapat meningkatkan daya saing kita dengan negara-negara lain di kawasan.

"Melalui olah raga air bisa tercipta sumber daya manusia yang unggul di bidang maritim sehingga akan meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain di dunia," kata Laksamana Siwi yang diwakili oleh Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal, Laksamana Muda TNI Anwar Saadi di Ancol Beach City, Jakarta Utara, Jumat.

Anwar menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter bangsa sebagai bangsa maritim tidak hanya menjadi tanggung jawab TNI sebagai komponen utama pertahanan, tapi juga menjadi tanggung jawab semuanya baik komponen cadangan maupun komponen pendukung.

Baca juga: Olahraga air sarana bina potensi maritim

Ia pun meminta kepada seluruh atlet, juri, dan semua pihak yang terlibat untuk selalu menjaga semangat olahraga menjunjung tinggi sportifitas sebagai budaya dan jati diri sesungguhnya, sekaligus menjadikan kegiatan ini sebagai wahana silaturahmi komunitas bahari.

"Semoga kegiatan ini dapat menuntun kita untuk memiliki kemampuan yang handal khususnya dalam kemajuan olahraga air dan kemandirian sebagai bangsa maritim," ungkapnya.

Selain itu, Anwar menuturkan kegiatan acara pembukaan kompetisi olahraga air itu juga dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI.

Seperti diketahui, kompetisi olahraga air yang digelar TNI Angkatan Laut di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada Jumat (11/10) sampai Minggu (13/10/2019).

Baca juga: Venue ski air PON digeser karena air surut

Mereka bertanding memperebutkan juara di 10 nomor yang dipertandingkan serta satu nomor eksibisi.

Mereka terdiri dari 87 atlet Fins Swimming TNI-Polri Putra, 10 atlet atlet Fins Swimming TNI-Polri Putri, 61 atlet Open Water Swimming TNI-Polri Putra, 10 atlet atlet Open Water Swimming TNI-Polri Putri, 61 atlet Open Water Swimming usia 14 tahun ke atas Putra, 47 atlet Open Water Swimming usia 14 tahun ke atas Putri, 44 atlet Open Water Swimming usia 10 tahun ke atas Putra, 30 atlet Open Water Swimming usia 10 tahun ke atas Putri, 11 tim Dayung Perahu Naga TNI-Polri, 11 tim Dayung Perahu Naga Umum, dan 31 tim eksebisi Dayung SMA se-Jakarta.

Kegiatan ini turut disaksikan Walikota Jakarta Utara, Waaspotmar Kasal, Kaskormar, Wadankoorbrimob, Kadispotmar, Kadiswatpersal, serta perwakilan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019