Ambon (ANTARA) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Condro Kirono mengunjungi dan menyerahkan bantuan dari Mabes Polri untuk korban gempa Maluku pada tiga desa di Pulau Ambon dan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

"Saya hadir di sini mewakili Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk menyerahkan bantuan sekaligus melihat langsung kondisi korban gempa bumi di Maluku, khususnya pulau Ambon dan Pulau Haruku," kata Kabaharkam Polri di Ambon, Kamis.

Bantuan yang diberikan berupa bahan kebutuhan pokok, selimut, sarung, susu dan kebutuhan pokok lainnya serta pengobatan umum dari tim Dokter Polri dan trauma healing dari tim psikologi.

Tiga desa yang dikungjungi langsung adalah Waai dan Negeri Liang kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) serta Negeri Pelau, kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam kunjungan dan penyerahan bantuan ini Kabaharkam didampingi Kakor Binmas Polri Irjen Pol. Heri Wibowo, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs Royke Lumowa MM, Direktur Poludara Brigjen Pol Anang Syarif, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono, serta sejumlah pejabat utama polda.

Kepada para pengungsi, Kabaharkam menyatakan bantuan yang diberikan sudah pasti belum memenuhi kebutuhan para pengunsi secara keseluruhan, namun setidaknya diharapkan dapat meringankan sedikit beban dari para pengunsi.

"Setelah saya kembali dari sini, akan saya laporkan kepada pimpinan terkait dengan masih minimnya kebutuhan para pengungsi yang terpenuhi," tuturnya.

Kabaharkam juga menerima keluhan dari para pengungsi soal tenda-tenda yang dipakai saat ini tidak representatif dan tidak layak untuk mereka berlindung.

Keinginan para pengungsi, tenda-tenda itu seperti milik TNI-Polri dan itu juga yang akan dilaporkan kepada pimpinan dengan harapan akan ada bantuan lagi dari mabes Polri unntuk korban gempa di Maluku.

Selain menyerahkan bantuan Kabaharkamm, Kakor Binmas, dan Dirpoludara bersama Kapolda, wakapolda dan PJU meninjau langsung pelayanan kesehatan kepada para korban gempa.

Selanjutnya mereka juga meninjau pelaksanaan trauma healing atau pemulihan trauma pasca terjadinya gempa bumi, kepada para korban gempa terutama anak-anak di lokasi-lokasi pengunsian di tiga desa tersebut.
Baca juga: Warga ambon berhamburan akibat dua gempa beruntun
Baca juga: Pemprov Maluku perpanjang masa tanggap darurat pascagempa
Baca juga: Warga Maluku di Sidney akan galang dana untuk korban gempa Ambon

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019