Komandan Lanud Pangkalan Adi Sutjipto Marsekal Pertama Bob Henry Panggabean memimpin upacara pelepasan dengan "water salute"
Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Udara memberi penghormatan menjelang berakhirnya masa jabatan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden periode 2014-2019 dengan mengawal penerbangan rombongan Wapres menggunakan pesawat F-16 dari Landasan Udara Adi Sutjipto Yogyakarta menuju Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis.

Wapres JK, Kamis pagi, menuju Yogyakarta untuk memberikan Kuliah Kebangsaan di Universitas Aisyiyah dan kembali ke Jakarta pada Kamis siang. Sebelum lepas landas menuju Jakarta, Komandan Lanud Pangkalan Adi Sutjipto Marsekal Pertama Bob Henry Panggabean memimpin upacara pelepasan dengan water salute.

Saat Pesawat Kepresidenan RI BBJ, yang ditumpangi Wapres JK beserta rombongan lepas landas di Lanud Adi Sutjipto; kendaraan pemadam kebakaran menyemprotkan air dari kedua sisi pesawat hingga membentuk lengkungan di atas pesawat, demikian keterangan pers dari Asdep Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Setwapres yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wapres JK: pertumbuhan ekonomi tunjukkan penurunan angka kemiskinan

Baca juga: Wapres minta KPI jaga obyektivitas dalam mengawasi media penyiaran

Baca juga: Wapres dorong skema "omnibus law" untuk peningkatan investasi


Setelah itu, selama penerbangan dari Yogyakarta menuju Jakarta, dua pesawat tempur milik TNI AU berjenis F-16 mengawal Pesawat Kepresidenan BBJ yang ditumpangi Wapres JK.

Sebelumnya, pada saat kunjungan kerja dari Makassar ke Palu, Minggu (6/10), JK juga mendapat penghormatan water salute dari Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Haris Haryanto.

Berdasarkan catatan Antara, penerbangan Wapres JK juga pernah dikawal empat Sukhoi pada 8 Juni 2015 ketika Wapres usai melakukan kunjungan kerja dari Sulawesi Selatan. Empat pesawat sukhoi tersebut sempat bermanuver di udara ketika mengawal penerbangan Wapres JK menuju Jakarta.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyaksikan pesawat tempur jenis F16 yang mengawal penerbangan Pesawat Kepresidenan BBJ dari Lanud Adi Sutjipto Yoyakarta menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (10/10/2019). (Biro Pers Setwapres)

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019