Manado (ANTARA) - Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya mengapresiasi pergelaran Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) secara berturut-turut empat kali masuk dalam Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena upaya yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat, sehingga empat kali masuk dalam CoE wonderful Indonesia," kata Arief di Manado, Selasa.

Dia mengatakan FPSL 2019 saat ini telah menjadi trending topik nasional di media sosial. Ia menyampaikan selamat kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat kota Bitung karena FPSL empat kali secara berturut-turut masuk dalam Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia.

“Selamat, FPSL Masuk CoE Wonderful Indonesia 2020. Sangat jarang ada event yang berhasil masuk dalam CoE secara berturut-turut apalagi empat kali dan Festival Pesona Selat Lembeh berhasil melakukannya,” ujarnya.

Baca juga: Festival Selat Lembeh promosikan destinasi wisata bahari Bitung

Dijelaskan Menpar pula untuk masuk di CoE Wonderful tahun 2020 tidaklah mudah dan harus memenuhi standart 3C, yakni creative, dinilai dari kreativitas penampilan yang atraktif, penampilan musik serta desain kostum  yang beragam. Kemudian commercial value yaitu dilihat dari banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegra yang berkunjung selama kegiatan tersebut bergulir serta comitment yang harus dipertahankan dari tahun ke tahun.

“Setelah dilakukan penilaian oleh tim yang ada, Kementerian Pariwisata telah menetapkan FPSL kembali masuk dalam Calendar of Events tahun 2020, sekali lagi selamat kepada kota Bitung,” ujarnya.

Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban berterima kasih kepada Menpar bersama jajaran yang masih mempercayakan FPSL untuk masuk dalam CoE Wonderful tahun 2020.

Lomban mengatakan, kepercayaan Pemerintah Pusat melalui Kemenpar RI akan menjadi motivasi tersendiri bagi Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat kota Bitung kedepan dalam mengembangkan kepariwisataan yang ada di Kota Bitung menjadi lebih baik.

Baca juga: Sulut siap gelar 3 festival wisata 2019
Baca juga: Wisata kuliner ramaikan Festival Pesona Selat Lembeh

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019