Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 10 warga asal Aceh yang selama ini menetap di Wamena, Provinsi Papua hingga Senin (7/10) masih mengungsi di sebuah rumah di kawasan Doyo, Sentani, Kota Jayapura.

Warga Aceh di Wamena yang mengungsi di Jayapura ini berasal dari Aceh Utara, Bireuen, serta Kabupaten Aceh Selatan.

"Sebagian warga mengungsi ini merupakan warga Aceh yang selama ini bekerja dan menetap di Wamena," kata seorang warga Aceh di Jayapura, Papua, Afrizal Abdul Rasyid kepada ANTARA, Senin.

Menurutnya, kalangan pengungsi tersebut terdiri dari kaum perempuan, anak-anak hingga pria dewasa.

Warga Aceh yang mengungsi ini tiba di Jayapura dari Wamena pada awal Oktober 2019 lalu setelah ikut dievakuasi dari Wamena setelah terjadi kerusuhan di daerah tersebut.

Afrizal juga memastikan warga yang mengungsi tersebut kini dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, dan ditampung di sebuah rumah warga Aceh yang berasal dari Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Baca juga: Semua warga Aceh di Papua diketahui sehat dan aman

Namun, sejumlah warga Aceh lainnya hingga saat ini ada yang masih memilih bertahan di Wamena, Papua, karena kondisi keamanan di daerah tersebut sudah berangsur membaik dan pulih.

"Alhamdulillah semua warga Aceh di Papua dalam kondisi sehat dan selamat, semua warga baik-baik saja," kata Afrizal Abdul Rasyid menambahkan.

Baca juga: Pemerintah Provinsi Aceh masih fasilitasi pemulangan warganya di Papua

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019