BUMN dinilai banyak membantu masyarakat NTT

BUMN dinilai banyak membantu masyarakat NTT

Sekda NTT Benediktus Polo Maing. ANTARA/Kornelis Kaha/am.

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur menilai bahwa Badan Usaha Milik Negera (BUMN) sudah banyak sekali membantu masyarakat di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Bantuan-bantuan sosial sudah banyak sekali diberikan oleh BUMN kepada masyarakat di NTT ini, baik dalam bentuk bantuan sosial maupun bantuan infrastruktur," kata Sekretaris Daerah NTT Benediktus Polo Maing kepada Antara di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan bantuan senilai Rp16-an miliar yang diberikan oleh sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai bagian dari BUMN hadir untuk negeri di kabupaten Manggarai Barat, pada Minggu (6/10) kemarin yang diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

BUMN sinergi untuk negeri sendiri memberikan bantuan kepada puluhan masyarakat di pulau Messa, salah satu pulau yang masuk dalam kawasan 3T.

Baca juga: Menteri Rini dorong BUMN bersinergi naikkan rasio elektrifikasi di NTT

Baca juga: Menteri BUMN sebut PLTS bantu sejahterakan masyarakat NTT


Beberapa bantuan sosial yang diberikan berupa bantuan operasi bibir sumbing, renovasi sekolah, bantuan laboratorium komputer bagi SMA dan bantuan sosial lainnya.

Di samping itu juga bantuan untuk peningkatan ekonomi seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di pulau Messa, internet gratis, dan bantuan dermaga.

Benediktus mengharapkan agar daerah yang mendapatkan bantuan-bantuan itu sekiranya bisa menggunakan dan menjaganya dengan baik sekali.

"Kami dari pemerintah provinsi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BUMN. Nah, selanjutnya kami harapkan warga dapat menjaga dan memeliharanya dengan baik sehingga bisa bertahan lama," kata dia.

Sementara itu Kepala desa Messa Muhammad Sahid ditemui di Pulau Messa, juga menyampaikan terima kasihnya kepada sejumlah BUMN yang sudah membantu warga di desa itu.

"Apalagi ini kan kami sudah ada listrik, selama bertahun-tahun akhirnya kami bisa menikmati listrik," kata dia. Keberadaan listrik akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut.*

Baca juga: Menteri BUMN dijadwalkan resmikan lima PLTS komunal di NTT

Baca juga: SMN NTT kunjungi perkebunan teh Kayu Aro Kerinci
Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019