Korban kebakaran Rawabunga mulai perbaiki rumah

Korban kebakaran Rawabunga mulai perbaiki rumah

Tenda pengungsi kebakaran di RW01 Rawabunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, mulai ditinggalkan penghuninya, Senin (7/10/2019), karena mayoritas korban mulai fokus memperbaiki fisik rumah yang rusak. ANTARA/Andi Firdaus/am.

Jakarta (ANTARA) -
Ratusan korban kebakaran di Kelurahan Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, mulai merehabilitasi rumahnya yang rusak akibat terbakar pada Sabtu (29/9).
 
"Warga sudah mulai membangun rumahnya masing-masing dengan dana bantuan maupun swadaya," kata Ketua RW01 Rawabunga, Dwi Lestari, di Jakarta, Senin.
 
Menurut dia sebagian besar warganya mulai meninggalkan tenda pengungsian dan memilih bermalam di rumah mereka yang masih setengah rampung.

Baca juga: Korban kebakaran Rawabunga Jakarta Timur kesulitan air bersih
 
Warga Balimester sebelumnya menempati tenda pengungsian di Jalan Jendral Urip, sementara warga Rawabunga mengungsi ke pelataran Masjid Jami Al-Barokah.
 
"Mereka lebih betah di rumahnya walaupun masih setengah jadi. Paling ditutup sebagian pakai terpal. Rata-rata sudah meninggalkan pengungsian," katanya.
 
Saat ini tercatat sekitar 129 rumah di Rawabunga dan Balimester sedang dalam proses perbaikan fisik usai kebakaran.
 
Dwi mengatakan bantuan dari sejumlah pihak masih berdatangan, meski jumlahnya tidak sebanyak saat pertama kejadian kebakaran.
 
"Bantuan masih ada yang hadir walaupun tidak sebanyak hari-hari pertama kemarin," katanya.

Baca juga: 40 anak korban kebakaran Jatinegara jalani pemulihan trauma
 
Dwi menyebut, sekitar 380 korban kebakaran Rawabunga membutuhkan bantuan uang tunai atau material bangunan untuk memperbaiki rumah yang rusak.
 
"Alhamdulillah kondusif, paling persoalannya mereka butuh uang untuk beli bahan bangunan," katanya.
Pewarta : Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019