Barito Selatan distribusikan surat suara pilkades kepada 62 desa

Barito Selatan distribusikan surat suara pilkades kepada 62 desa

Kotak dan surat suara mulai didistribusikan dari Kantor Barito Selatan menuju ke 62 desa yang melaksanakan pilkades serentak di daerah itu di Buntok, Selasa (1/10/19).(ANTARA/Bayu Ilmiawan).

Buntok (ANTARA) - Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mendistribusikan kotak dan surat suara untuk pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2019.

"Kotak dan surat suara sebanyak 45.427 tersebut mulai didistribusikan pada hari ini ke 62 desa yang tersebar di enam kecamatan," kata Kepala DSPMD Barito Selatan (Barsel) Jumadi di Buntok, Selasa.

Dikatakan, surat suara tersebut akan didistribusikan ke 129 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desa-desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Baca juga: Ratusan orang berunjuk rasa protes kecurangan pilkades di Pamekasan

Baca juga: Sleman sosialisasikan Pilkades e-voting

Baca juga: Warga Hambalang Bogor protes pelaksanaan Pilkades


Jumadi mengatakan pihaknya bekerjasama dengan kepolisian dalam melakukan pengamanan pada saat pendistribusian maupun pelaksanaan Pilkades yang akan dilaksanakan 3 Oktober 2019.

"Kalau desa-desa yang berada dibantaran sungai, logistik pilkadesnya akan didistribusikan menggunakan speedboat. Sedangkan desa yang berada di darat, logistiknya didistribusikan menggunakan mobil," ucapnya.

Untuk saat ini, tahapan Pilkades serentak sudah memasuki masa tenang dari 30 September hingga 2 Oktober 2019, dan pihak panitia desa sedang mempersiapkan undangan kepada masyarakat untuk menghadiri Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 3 Oktober 2019.

Pada kesempatan itu ia mengajak kepada masyarakat Barito Selatan supaya turut serta dalam mendukung proses pilkades serentak periode 2019-2025 tersebut. Panitia pilkades juga dihimbau desa supaya bekerja sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, dan kepada masyarakat di desa agar jangan golput, karena pilkades ini demi kemajuan desanya masing-masing.

Berdasarkan pantauan, Polres Barito Selatan sedang melakukan pelepasan pasukan pengamanan Pilkades serentak yang berlangsung di halaman Mapolres lama Barito Selatan.

"Personel tersebut akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada 2019 ini," kata Kapolres Barito Selatan AKBP Wahid Kurniawan.

Ia mengatakan, setelah apel ini, personel Polres akan berkumpul ke DSPMD Barito Selatan untuk melakukan pengawalan pendistribusian logistik pilkades di lima kecamatan.

"Kecuali di Desa yang berada di Kecamatan Dusun Selatan yang jaraknya dekat, pergeserannya pasukan ke TPS akan dilakukan pada 2 Oktober 2019 bersamaan dengan pendistribusian logistik pilkades," ucap Wahid.
Pewarta : Kasriadi/Bayu Ilmiawan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019