Bilamana ada terjadi kebakaran hutan dan lahan, sesegera mungkin berupaya melakukan pemadaman dini yang bekerjasama degan Forkopimcam
Medan (ANTARA) - Tidak ada titik  panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen di wilayah Sumatera Utara, kata Badan Meteorologi,  Klimatologi  dan Geofisika (BMKG)  Wilayah I Medan merujuk hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua).

'"Hal itu adalah peta sebaran titik panas di Provinsi Sumatera Utara  berdasarkan pantauan tanggal 21 September 2019,  sekira pukul 07.00 WIB," kata Kepala BMKG Wilayah I  Medan Edison Kurniawan di Medan, Sabtu.

Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menginstruksikan seluruh camat sampai kepala desa dan lurah untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.
 
Dalam instruksi yang ditembuskan kepada Kapolres Tapanuli Selatan, Dandim 0212/TS, dan BPBD daerah ini,  Syahrul meminta camat dan kepala desa aktif menghimbau atau melarang masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Baca juga: Makin pekat kabut asap karhutla di Muarojambi

"Bilamana ada terjadi kebakaran hutan dan lahan, sesegera mungkin berupaya melakukan pemadaman dini yang bekerjasama degan Forkopimcam," kata Syharul.
 
Syahrul juga meminta sistem deteksi dini wilayah rawan rawan karhutla diperkuat bersama pemangku kepentingan termasuk Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Kemudian lakukan patroli bersama Forkopimcam dengan melibatkan masyarakat pada daerah rawan terjadinya karhutla," kata dia. "Bila ada yang terlibat karhutla baik  perorangan dan atau badan hukum silakan laporkan ke pihak berwajib".

Baca juga: Pemkab Kotawaringin Timur perpanjang libur sekolah akibat asap

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019