Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sangat optimistis pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam XIII/Merdeka di Provinsi Gorontalo akan selesai sesuai rencana.

“Insha Allah pembangunannya di tahun 2020 ini cepat selesai, sehingga tahun 2021 sudah bisa mulai perekrutan calon Bintara TNI,” katanya, Sabtu.

Baca juga: Perekrutan bintara TNI prioritaskan putra daerah, sebut Waaster Kasad
Baca juga: Komandan Lantamal VIII/Manado pimpin Pantukhirda prajurit TNI AL

 

Pemprov Gorontalo sebelumnya telah membahas pembangunan Secaba Rindam XIII, di Makodam XIII/Merdeka, Manado,Sulawesi Utara, Jumat (20/9).

Gubernur mencontohkan pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo, bisa terselesaikan sesuai harapan semua pihak.

“Seperti halnya pembangunan SPN Gorontalo sendiri, mendapat bantuan dana hibah selain dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, juga dari pemerintah Kabupaten dan Kota lainnya,” tambahnya.

Rencananya pemerintah Provinsi Gorontalo akan memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp5 miliar yang bersumber dari APBD tahun 2020, untuk pembangunan Secaba TNI.

“Namun demikian pembangunan fasilitas Secaba TNI, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, hanya saja akan dilakukan secara bertahap dengan memprioritaskan fasilitas yang paling dibutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, Danrem 133 Nani Wartabone Kolonel Czi.Arnold A.P. Ritiauw mengatakan anggaran yang dibutuhkan dalam membangun fasilitas yang ada di Secaba diperkirakan mencapai Rp75 miliar.

“Yang paling diprioritaskan untuk pembangunan pertama adalah, pendirian kantor Secaba, ruang kelas dan barak yang membutuhkan total anggaran sekitar 25 miliar,” tutur Arnold.

Baca juga: SPN Balikpapan mulai didik ratusan calon Bintara TA 2019/20
Baca juga: Polda Papua alokasikan 70 persen secaba untuk orang asli


 

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019