Jakarta (ANTARA) - Duo pebalap Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Viñales tidak khawatir jika hujan mengguyur trek Motorland Aragon pada Sabtu karena yakin Yamaha bisa tampil baik di kondisi basah.

Panitia penyelenggara mendapati prediksi hujan akan turun pada Sabtu di mana sesi latihan bebas FP3 dan FP4 serta babak kualifikasi digelar.

Rossi dan Viñales mengakhiri dua sesi latihan pertama pada Jumat di peringkat tiga besar setelah Marc Marquez yang kokoh di puncak waktu latihan.

"Prediksi cuaca besok tak terlalu bagus, jadi setiap pebalap berjuang lebih keras hari ini untuk berada di 10 teratas karena mungkin di FP3 hujan akan turun," kata Rossi di Aragon, Jumat waktu setempat, seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Biasanya ketika kalian lebih baik di sesi kering, hal yang sama juga terjadi ketika trek basah.

"Mungkin besok menjadi kesempatan kami untuk mengerti apakah kami bisa lebih kuat di trek basah," kata pebalap berjuluk The Doctor itu.
 

Baca juga: Tiga Yamaha finis teratas FP2 GP Aragon, Marquez terjatuh

Baca juga: MotoGP Aragon adalah teritori Marquez


Rossi mengalami masalah teknis di FP1 sehingga hanya mampu melakoni sembilan lap dan finis P17. Pada sesi latihan sore, pebalap bernomor 46 itu memperbaiki catatan waktunya untuk berada di peringkat tiga secara keseluruhan.

"Aku sangat senang karena pagi ini kami mengalami kendala. Tapi di siang hari di FP2 kami mampu memperbaiki elektronik, engine breaking, dan akselerasi dari motor. Aku merasa lebih baik."

Viñales juga membuat progres di hari pertama saat dia dan rekan satu timnya menguji suku cadang baru motor Yamaha YZR-M1 mereka.

"Kami mencoba banyak suku cadang jadi aku bekerja banyak dengan motor ini. Aku tak terlalu berkonsentrasi ke ritme atau putaran tercepat karena aku perlu bekerja banyak dengan motor untuk mencoba memahami arah mana yang akan ditempuh dengan motor baru ini," kata Viñales.

Jika cuaca hujan, kemungkinan para pebalap tak bisa memperbaiki catatan waktunya di sesi FP3 yang berarti 10 pebalap teratas dari dua sesi latihan sebelumnya akan otomatis lolos ke Q2.

Jika pun hujan turun ketika kualifikasi, Viñales tak terlalu khawatir.

"Ketika hujan kami banyak melakukan perbaikan jadi aku tak terlalu khawatir. Aku tahu kami bisa berada di lima besar ketika hujan. Tapi tujuan kami adalah berada di baris terdepan, start dengan baik dan mencoba terus melaju."

Baca juga: Meski Aragon kurang bersahabat, Rossi optimistis incar podium

Baca juga: Alasan Zarco berpisah dengan KTM

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019