Jakarta (ANTARA) - Pemerintah masih terus mengupayakan operasi modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan untuk mencoba memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah dan Riau setelah upaya pertama berhasil menurunkan hujan di Riau.

"Saat ini pemerintah sudah melakukan antara lain water bombing, sudah kan. Sekarang masih terus membuat hujan buatan," kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Raffles Brotestes Panjaitan usai mengisi Sosialisasi Pengendalian Kebakaran Hutam dan Lahan di KLHK Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan upaya membuat hujan buatan telah dilakukan dari dua hari lalu. Garam (NaCl) yang sebagai salah satu zat dibutuhkan untuk membuat hujan buatan telah ditabur di atas bibit awan yang ada di Kalimantan Tengah dan Riau.
Baca juga: Rekayasa hujan buatan di Kalteng tunggu awan cumulus

Pesawat Cessna dan C-130 Hercules juga telah dikerahkan di Kalimantan, tinggal menunggu awan-awan yang lain untuk disemai.

"Kalau awanya tidak ada, enggak bisa juga," katanya.

"Jadi pesawatnya sudah standby semua. Tinggal begitu ada awan, langsung terbang," kata dia lebih lanjut.
Baca juga: Hujan buatan berhasil turun di Riau

Upaya membuat hujan buatan tersebut, kata dia, sudah membuahkan hasil dengan turunnya hujan di Riau.

"Kemarin sudah ada hujan," tuturnya.

Posko dan satgas yang dibentuk oleh gubernur setempat, kata dia, terus dikerahkan selain personel yang dikerahkan dari Polri dan Manggala Agni dan stakeholder lain yang terkait.

"Pokoknya usaha maksimum terus kita kerjakan," katanya.
Baca juga: Tim BPPT berjuang lakukan hujan buatan di Sumsel

Pewarta: Katriana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019