Kami yang di Ombudsman ini memberi perhatian lebih ...
Jakarta (ANTARA) - Anggota Ombudsman Alvin Lie menilai perlu adanya sebuah regulasi untuk melindungi privasi dan data pribadi yang mengikat pemerintah dan pelaku bisnis, terkait bocornya data-data pribadi penumpang maskapai Lion Group.

"Kami yang di Ombudsman ini memberi perhatian lebih adalah perlunya sebuah regulasi terutama mengenai undang-undang perlindungan privasi dan data pribadi yang mengikat tidak hanya pemerintah namun juga pelaku bisnis, agar diwajibkan melindungi, mengamankan data-data pribadi pelanggan maupun pengguna jasa agar tidak mudah diakses oleh pihak-pihak yang tidak kompeten atau tidak berwenang serta tidak disalahgunakan," ujar Alvin Lie saat dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

Dia juga menambahkan bahwa kewajiban ini perlu diberikan dan ditegaskan dengan payung hukum yang cukup, serta tidak membedakan apakah data-data tersebut disimpan di dalam negeri atau menggunakan jasa penyimpanan di luar negeri.

Selama para pelaku bisnis yang melakukan kegiatan bisnis itu berada di Indonesia, tentunya para pelaku bisnis tersebut harus patuh pada peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

Menanggapi bocornya data-data pribadi penumpang Lion Group, anggota Ombudsman yang juga pengamat penerbangan tersebut menilai bahwa hal ini menunjukkan masih lemahnya sistem perlindungan data pribadi.

"Terkait bocornya data penumpang Lion Group, terutama data-data pribadi seperti nomor paspor penumpang dan lain-lain, ini menunjukkan bahwa sistem perlindungan data pelanggan masih kurang kuat. Kemungkinan data tersebut dikelola oleh pihak ketiga, bukan oleh pihak Lion sendiri. Kemudian juga kurang update-nya data security," kata Alvin Lie.

Menurut dia, hingga saat ini belum diketahui apakah data yang bocor tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak lain atau belum, namun isu utama di sini adalah data-data pribadi penumpang itu bocor.

Baca juga: Selidiki kebocoran data, Malindo Air imbau ganti sandi Malindo Miles
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019