Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 1.313 titik panas indikasi awal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bermunculan di wilayah Sumatera pada Rabu pagi.

“Daerah paling banyak masih di Jambi dan Sumatera Selatan sekitar 400-an, di Riau ada 300-an titik,” kata Staf Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Bibin Sulianto kepada ANTARA di Pekanbaru.

Berdasarkan data BMKG Stasiun Pekanbaru, pada jumlah titik panas (Hotspot) yang terpantau Satelit Terra Aqua pada pukul 06.00 WIB di Sumatera ada 1.313 titik. Daerah paling banyak adalah Provinsi Jambi dengan 484 titik panas, Sumatera Selatan (Sumsel) 424 titik, dan Riau 334 titik panas.

Daerah lain juga ada terdeteksi titik panas seperti Bangka Belitung ada 27 titik, Lampung 21 titik, Kepulauan Riau 9 titik, Sumatera Barat 7 titik, Sumatera Utara 6 titik, dan Bengkulu satu titik panas.

Baca juga: Presiden tegur Pemda Riau, Mendagri: Kada harus punya tanggung jawab

Baca juga: Sebaran asap karhutla terdeteksi hingga ke Singapura dan Malaysia


Khusus di Riau, dari 334 titik panas, lokasi paling banyak ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) 97 titik, Pelalawan sebanyak 93 titik, Indragiri Hulu (Inhu) 52 titik, Indragiri Hilir (Inhil) 46 titik, Kampar 18 titik, Kota Dumai 14 titik, Bengkalis 10 titik, Kuansing 3 titik, dan Rokan Hulu ada satu titik panas.

Dari jumlah tersebut, ada 205 yang dipastikan titik api karhutla dan lokasi paling banyak di Pelalawan ada 61 titik, rohil 58 titik, Inhu 36 titik, Inhil 27 titik, Dumai 10 titik, Bengkalis dan Kampar masing-masing 6 titik dan Kuansing ada satu titik.

Asap pekat masih menyelimuti Kota Pekanbaru. Asap berasal dari karhutla di Riau ditambah kiriman dari provinsi tetangga. “Di Riau sendiri kan masih banyak hotspot,” katanya.

Arah angin berhembus dari arah tenggara dan selatan. Kota Pekanbaru mendapat kiriman asap dari Pelalawan, dan Kampar.

Berdasarkan pantuan ANTARA, kebakaran lahan masih terus menyala di daerah Rimbo Panjang Kecamatan Tambang perbatasan Pekanbaru dengan Kampar. Pemadam kebakaran Kota Pekanbaru dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau melakukan pemadaman pada malam hari.

“Api menyala lagi pada malam hari, padahal siang sudah kelihatan padam,” kata seorang warga Rimbo Panjang, Ani (28) dihubungi ANTARA dari Pekanbaru.*

Baca juga: 65 Satgas Karhutla DKI berangkat ke Riau

Baca juga: Pekanbaru berasap pekat saat Presiden Jokowi shalat minta hujan


Pewarta: FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019