Sudinhub Jaksel berlakukan rekayasa lalu lintas di JPO Pasar Minggu

Sudinhub Jaksel berlakukan rekayasa lalu lintas di JPO Pasar Minggu

Gambar peta rekayasa lalu lintas di seputar JPU Pasar Minggu selama revitalisasi berlangsung (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan (Sudinhub Jaksel) memberlakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan selama revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasar Minggu berlangsung.

"Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk membantu kelancaran pengerjaan revitalisasi JPO Pasar Minggu," kata Kasudinhub Jaksel Christianto, Jumat.

Ia mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan selama dua hari, yakni pada tanggal 13 dan 14 September.

Ruas jalan yang terkena rekayasa lalu lintas seperti Simpang Jalan Pasar Minggu, Jalan Ragunan Raya dan 'underpass'.

"Kami melakukan penutupan di ketiga ruas jalan itu," katanya.

Berdasarkan rilis dari Sudinhub Jaksel dijelaskan, pada pekerjaan tahap pertama (13 September 2019) dilakukan pekerjaan mobilisasi dan penurunan material pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB.

Pada pekerjaan tahap pertama tersebut, lalu lintas dari arah Selatan (Depok) ke arah Utara (Pancoran) dialihkan melalui jalan sisi pasar, lalu lintas sebaliknya normal.

Selanjutnya pukul 04.00 hingga 23.00 WIB, lalu lintas dari arah Selatan (Depok) ke arah Utara (Pancoran) dapat menggunakan satu lajur 'underpass' sisi Barat (satu lajur digunakan sebagai penempatan material dan penyambungan gelagar atau 'joint chamber), lalu lintas sebaliknya normal.

Kemudian, pengerjaan tahap dua (14 September 2019) pemasangan gelagar atau 'erection' pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB, rekayasa dilakukan penutupan lalu lintas di simpang Jalan Pasar Minggu, Jalan Ragunan Raya dan 'underpass'.

Adanya penutupan ini lalu lintas dari arah utara (Pancoran) yang akan menuju selatan (Depok) dialihkan melalui Jalan Pejaten Raya-Jalan Rusli Hakim-Jalan Sawo Manila-Jalan Salihara-Jalan Ragunan Raya-kembali ke Jalan Pasar Minggu.

Selanjutnya, lalu lintas dari arah Selatan (Depok) yang akan menuju utara (Pancoran) dialihkan melalui Jalan Pertanian III / Jalan Ragunan Raya putar balik di depan Litbang Pertanian-Jalan Salihara-Jalan Sawo Manila-Jalan Jamblang-Jalan Pejaten Raya-kembali ke Jalan Pasar Minggu.

Kemudian Lalu lintas dari arah Barat (Warung Jati) yang akan menuju utara (Pancoran) dialihkan Jalan Salihara-Jalan Sawo Manila-Jalan Jamblang-Jalan Pejaten Raya-kembali ke Jalan Pasar Minggu.

Selama rekayasa lalu lintas diberlakukan, Sudinhub Jaksel mengerahkan 28 personel turun ke lapangan.

Christianto mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk sementara waktu menghindari ruas jalan tersebut atau menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan selama revitalisasi JPO dilakukan demi kelancaran berlalu lintas.

"Setelah selesai pekerjaan, lalu lintas akan kembali seperti semula. Patuhi rambu lalu lintas, ikuti petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Christianto.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019