Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.066 atlet karate mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate untuk memperebutkan Piala Panglima TNI Tahun 2019 yang di gelar di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, pada 13 September-16 September 2019.

"Atlet yang mengikuti Kejurnas ini terbagi dua kelompok, kelompok senior dan kelompok junior," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat membuka Kejurnas Karate Piala Panglima TNI VII tahun 2019, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat.

Kegiatan tahunan itu diselenggarakan oleh Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI).

Sebanyak 1.066 atlet itu terdiri atas 402 atlet TNI-Polri (334 putra dan 68 putri) dan 664 atlet umum (373 putra dan 291 putri). TNI-Polri menurunkan 33 kontingen, sedangkan perguruan dan Pengprov Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) sebanyak 45 kontingen.

Panglima TNI mengatakan, pertandingan olahraga mengandung nilai-nilai kejuangan, disiplin, sportivitas, dan percaya pada kekuatan sendiri.

"Nilai-nilai tersebut dapat membangun kualitas SDM Indonesia yang unggul, serta dibutuhkan dalam pembangunan nasional dan persaingan global," kata Marsekal Hadi.

Disebutkan bahwa kejurnas ini menjadi bagian integral dari sistem pembinaan prestasi atlet TNI-Polri dan atlet umum.

Kejuaraan ini juga merupakan program yang tidak hanya mendukung program pembinaan TNI, tetapi juga program nasional.

"Para karateka kita juga telah membuktikannya dalam berbagai ajang internasional," ujar Hadi.

Medali yang diperebutkan terdiri atas 2 kategori, yaitu kategori TNI: 30 emas, 30 perak, dan 60 perunggu. Sementara kategori umum (junior, cadet, under 21) memperebutkan 39 emas, 39 perak, dan 78 perunggu.

Ada 2 kategori kelas yang dipertandingkan pada kejuaraan itu. Kategori TNI-Polri mempertandingkan Kata dan Kumite (perorangan dan beregu) untuk kelas senior putra dan kelas senior putri. Sedangkan kategori umum (PB/PP Perguruan dan Pengprov FORKI) kelas junior, cadet, dan under-21 mempertandingkan Kata dan Kumite perorangan untuk putra dan putri.

Cabang olahraga (Cabor) karate merupakan salah satu dari beberapa cabor prestasi yang secara rutin dibina oleh KOMI dan bekerja sama dengan FORKI. Sejak 2016 Kejurnas Karate Piala Panglima TNI telah masuk dalam kalender tahunan event PB FORKI.

"Peluang atlet-atlet terbaik TNI-Polri untuk berlaga di kejuaraan-kejuaraan tingkat regional maupun internasional semakin terbuka lebar. Selamat bertanding kepada seluruh atlet. Tunjukkan kemampuan yang maksimal disertai semangat sportivitas," tuturnya.

Baca juga: Ribuan karateka pecahkan rekor MURI di Banjarmasin

Baca juga: Tim Sulut raih dua emas di Kejurnas Gojukai

Baca juga: Indonesia juara umum kejuaraan karate internasional Brunei

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019