BJ Habibie wafat - Kadisdik Bali: Habibie sosok visioner

BJ Habibie wafat - Kadisdik Bali: Habibie sosok visioner

Salah satu fasilitas pendidikan di Kota Denpasar yang juga mengibarkan Bendera Merah Putih setengah tiang sebagai bentuk penghormatan kepada BJ Habibie (ANTARA/Ni Luh Rhisma/2019)

Denpasar (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Ketut Ngurah Boy Jayawibawa berpandangan Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie adalah sosok yang sangat visioner dan sangat menginspirasi kaum milenial.

"Kita tentu sangat kehilangan sosok Bapak Bangsa yang selalu menggugah anak-anak muda agar berani mandiri dan mengejar ilmu meski harus merantau ke negeri orang," kata Boy, di Denpasar, Kamis.

Baca juga: BJ Habibie wafat- Warga Tanjungpinang kibarkan bendera setengah tiang

Terkait dengan almarhum BJ Habibie yang sangat melekat dengan tokoh inovasi dan iptek, Boy mengajak generasi muda di Pulau Dewata untuk dapat menguasai teknologi informasi.

"Wajib hukumnya generasi muda menguasai IT, karena siapa yang menguasainya, dialah pemenangnya. Teknologi informasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Suka tidak suka, mau tidak mau, harus dikuasai dan dipelajari bukan hanya generasi muda, tetapi seluruh kalangan dari berbagai segmen usia," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Umar Ibnu Alkhatab melihat BJ Habibie sebagai sosok yang inspiratif, cerdas, religius, dan demokratis.

"Kita tentu kehilangan seorang sosok yang nyaris lengkap sebagai model manusia seutuhnya bagi bangsa. Sebagai seorang pemimpin bangsa, Beliau telah meletakkan pondasi yang cukup penting bagi perkembangan demokrasi di Tanah Air," ujarnya.

Terutama, menurut Umar, saat BJ Habibie melakukan desakralisasi kekuasaan saat ia menjadi presiden dan juga memberikan kemerdekaan yang sangat luas bagi kehidupan pers.

Baca juga: BJ Habibie wafat-Warga Jayawijaya sanjung mantan Menristek Habibie

"Tentu sebagai sebuah bangsa, kita merasa kehilangan akan sosok yang tulus dalam mencintai keluarga dan bangsanya itu. Semoga Beliau diterima di sisi Allah, aamiin," kata Umar.

Di sisi lain terkait pengibaran Bendera Merah Putih setengah tiang sebagai bentuk penghormatan kepada BJ Habibie, sejumlah fasilitas publik, instansi pemerintahan, fasilitas pendidikan, tempat peribadatan, bahkan hingga pusat perbelanjaan dan sejumlah rumah makan di Kota Denpasar sudah melaksanakan sesuai dengan surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 11 September 2019.

Baca juga: BJ Habibie wafat - Dosen-mahasiswa UNM gelar salat gaib untuk Habibie
Baca juga: Papua Terkini-Masyarakat Pulau Doom berduka atas wafatnya BJ Habibie
Baca juga: Prestasi BJ Habibie - Pendiri MAN IC sekolah padukan agama-teknologi
Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019