Gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan Papua-Papua Barat

Gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan Papua-Papua Barat

Angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi di wilayah Manokwari Papua Barat beberapa waktu lalu. ANTARA/ Toyib

Jayapura (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang yang berpotensi terjadi di perairan Sorong-Raja Ampat, Perairan Biak, Teluk Cenderawasih, Jayapura-Sarmi, Fakfak-Kaimana, Amampere Agats, Samudra Pasifik Utara Papua Barat, Samudra Pasifik Utara Biak, Samudra Pasifik Utara Jayapura dan Laut Arafuru bagian timur.

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili di Jayapura, Rabu menjelaskan waspada tinggi gelombang mencapai 1,5 -2,0 meter di Perairan Sorong-Raja Ampat, Perairan Biak, Teluk Cenderawasih, dan Perairan Jayapura-Sarmi,

Selanjutnya, tinggi gelombang mencapai 2,5 meter di perairan Fakfak-Kaimana, dan perairan Amampere Agats. Kemudian tinggi gelombang mencapai 3,5-4,0 meter di wilayah Samudra Pasifik Utara Papua Barat, Samudra Pasifik Utara Biak, Samudra Pasifik Utara Jayapura dan laut Arafuru bagian timur.
Baca juga: BBMKG sampaikan peringatan gelombang tinggi Papua-Papua Barat

Petrus mengatakan, prakiraan cuaca dan gelombang laut wilayah perairan berlaku selama 24 jam sejak Rabu (11/9) pukul 09.00 WIT.

"Samudera Pasifik Utara Papua Barat dengan keadaan cuaca hujan ringan, arah angin bertiup dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 10-30 knots, tinggi gelombang signifikan 1,00-4,00 meter," kata Petrus.

Di Perairan Raja Ampat-Sorong, kata Petrus, keadaan cuaca hujan lokal, arah angin bertiup dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 5-30 knots, tinggi gelombang signifikan 0,25-2,00 meter, di perairan Fakfak-Kaimana, keadaan cuaca hujan lokal, arah angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan 5-25 knots, dan tinggi gelombang signifikan 0,25-0,50 meter.
Baca juga: Peringatan dini gelombang tinggi Papua Barat dikeluarkan BMKG

Di Perairan Manokwari keadaan cuaca hujan lokal, arah angin bertiup dari selatan-barat daya dengan kecepatan 3-18 knots, tinggi gelombang signifikan 0,25-1,50 meter, di Samudera Pasifik Utara Biak keadaan cuaca berawan, arah angin bertiup dari timur-barat dengan kecepatan 6-25 knots, tinggi gelombang signifikan 1,00-4,00 meter.

Di Perairan Biak keadaan cuaca cerah berawan, arah angin bertiup dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 6-25 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-2,00 meter, di Teluk Cenderawasih keadaan cuaca berawan, arah angin bertiup dari barat daya-barat dengan kecepatan 6-25 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-2,00 meter.
Baca juga: BMKG: tinggi gelombang laut Papua 4-6 meter

Di Samudera Pasifik Utara Jayapura keadaan cuaca berawan, arah angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan 6-15 knots, tinggi gelombang signifikan 1,00-4,00 meter, di Perairan Jayapura-Sarmi keadaan cuaca berawan, arah angin bertiup dari timur- tenggara dengan kecepatan 6-15 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-2,00 meter.

Di Perairan Agats-Amampere keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 10-25 knots, tinggi gelombang signifikan 1,00-2,50 meter, di Perairan Yosudarso keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 10-30 knots, dan tinggi gelombang signifikan 1,00-2,00 meter.

Di wilayah Perairan Merauke keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 15-35 knots, tinggi gelombang signifikan 0,75-1,50 meter, dan di Laut Arafuru Bagian Timur keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 15-30 knots, tinggi gelombang signifikan 1,50-3,00 meter.
Baca juga: BMKG minta nelayan Papua waspadai gelombang tinggi

BMKG peringatan dini gelombang tinggi

Pewarta : Musa Abubar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019