Jakarta (ANTARA) - DPP Partai NasDem kembali melaksanakan Sekolah Legislatif untuk anggota DPRD terpilih dari partai tersebut.

Sekolah Legislatif gelombang kedua ini dilaksanakan mulai Minggu (8/9) hingga Jumat (13/9) di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Pancoran Timur, Jakarta Selatan.

"Jadwal Sekolah Legislatif ini sudah ditetapkan lama oleh DPP NasDem. Belum seluruh anggota terpilih DPRD dilantik sehingga jumlah peserta Sekolah Legislatif kali ini baru 310 orang," kata Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem, Nining Indra Shaleh di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, pada Juli 2019, Partai NasDem telah menggelar Sekolah Legislatif gelombang pertama untuk anggota terpilih DPR RI.

Sekolah Legislatif gelombang kedua diikuti oleh 310 anggota terpilih DPRD dari Partai NasDem dari 16 provinsi, yakni Provinsi Lampung, NTB, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, NTT, Banten, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Jawa Barat dan Sumatera Barat.

Baca juga: Partai NasDem gelar Sekolah Legislatif bagi anggota DPR
Baca juga: F-NasDem khawatir revisi UU MD3 merembet ke poin lain
Baca juga: NasDem sebut adanya intervensi Jaksa Agung cenderung fitnah


Sekolah Legislatif tingkat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota nantinya diikuti seluruh wakil rakyat terpilih dari Partai NasDem. Total untuk tingkat DPRD mencapai 1.808 orang.

"Kami sudah menyiapkan enam gelombang untuk mengakomodasi seluruh anggota dewan terpilih dari NasDem. Sehingga bila gelombang kedua ini belum bisa ikut serta karena satu dan lain hal, maka kami sudah siapkan di gelombang berikutnya," kata Nining.

Pada Pemilu 2019, Partai NasDem meraih 12.661.792 suara (9,05 persen). Sedangkan pada Pemilu 2014, NasDem memperoleh 8.402.812 suara (6,72 persen).

Rincian perolehan kursi tersebut adalah DPR RI 59 kursi, DPRD Provinsi 186 kursi dan DPRD Kabupaten/Kota 1.622 kursi sehingga total Partai NasDem meraih 1.867 kursi.

Peningkatan perolehan suara tersebut semakin mempertegas, partai tanpa mahar ini semakin mendapat kepercayaan masyarakat. Bahkan, partai besutan Surya Paloh yang selalu mengedepankan jargon Partai Restorasi untuk Perubahan Indonesia sekarang menjadi partai papan atas berhasil mencapai peringkat lima besar.

"Dengan capaian tersebut, NasDem memang sudah selayaknya mempersiapkan seluruh kadernya yang duduk di parlemen untuk tahu betul apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan," tegas Nining.

Kurikulum untuk anggota dewan dari NasDem telah disiapkan DPP NasDem. Beberapa di antaranya adalah etiket dan profesional grooming, fungsi anggota DPRD sebagai penyelenggara negara, komunikasi politik, disiplin kepartaian dan peraturan organisasi Partai NasDem, perspektif konstitusionalisme dalam berpolitik hingga pembuatan kebijakan.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019