Seorang haji Deli Serdang ditunda pulang ke tanah air

Seorang haji Deli Serdang ditunda pulang ke tanah air

Rombongan haji Kelompok Terbang 16 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, tiba di Asrama Haji Medan, Minggu malam (8/9/2019). ANTARA/Munawar/aa.

Medan (ANTARA) - Seorang haji atas nama Jarwani Mat Kabari bin Ambari (88) asal Kabupaten Deli Serdang yang tergabung pada Kelompok Terbang 16 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, ditunda kepulangannya ke tanah air.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra saat dikonfirmasi, di Medan, Minggu malam membenarkan Haji Jarwani belum diperbolehkan kembali ke Indonesia.

Menurut dia, Haji Jarwani saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena mengalami sakit.

"Jika tim medis RSAS telah mengizinkan Jarwani boleh pulang ke Indonesia, maka segera diterbangkan ke Tanah Air," ujar Farhan.

Ia menyebutkan, Haji Jarwani sebelumnya tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 14 Debarkasi Medan yang mutasi ke Kloter 16 Debarkasi Medan.

Baca juga: 150 haji Tanjabbar disambut di alun-alun Kualatungkal

Baca juga: 2.226 haji Sulteng tiba di Palu mulai hari ini

Baca juga: Seorang jemaah haji asal Deli Serdang masih dirawat di Mekkah


Dua meninggal

Sebelumnya, dua orang haji atas nama Yusman Ben Basir Bin Abdul Basyir (64) dan Abdul Muin Berutu Bin Tenah Berutu (60) asal Kabupaten Deli Serdang yang tergabung pada

Kelompok Terbang 16 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara meninggal dunia di Mekkah.

Kedua haji tersebut, wafat di tanah suci dan telah dimakamkan.

Haji Yusman beralamat di Jalan Beo No 34, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang menghembuskan nafasnya yang terakhir di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) tanggal 16 Agustus 2019 sekira pukul 16.30 WAS dan dimakamkan di Sharaye.

Sedangkan Haji Abdul Muin beralamat Jalan Stasiun Dusun I, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara wafat di RSAS tanggal 27 Agustus 2019, dan dimakamkan di Sharaye.

Kedua warga Deli Serdang tersebut mengalami sakit Respiratory Desiases.

Sebanyak 390 orang haji yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 16 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Minggu (8/9) sekira pukul 22.00 WIB.

Dari 390 orang haji dari Kloter 16 Debarkasi Medan itu terdiri atas 154 pria dan 236 wanita. Dari jamaah haji tersebut, 377 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 3 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai, 2 orang dari Kota Medan, 1 orang dari Kota Binjai, dan 7 petugas TPHD/TKHD dan TPHI.

Pimpinan Kloter 16 Debarkasi Medan, Ansoruddin Saidin Nasution Bin Saidin Nasution.menjelaskan data yang diperoleh dari PPIH Embarkasi Medan jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan.

Namun, yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 haji (98,60 persen).Yang tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

 
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019