Makassar (ANTARA) - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Irwan Kurniawan mengapresiasi Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto atas kebijakannya memajukan industri mobil nasional.

"Insya Allah masyarakat Indonesia akan bangga dengan produk mobil nasional yang menjadi gagasan besar Presiden Jokowi," ujar Irwan Kurniawan yang dikonfirmasi di Makassar, Minggu.

Baca juga: Sebuah amanat, mobil Esemka harus kembali ke "rohnya"

Baca juga: Ekonom minta Esemka tak ulangi kesalahan proyek mobil era Orba

Baca juga: Ekonom dorong pemerintah harus berani instruksikan pemakaian Esemka


Ia mengatakan sebagai bagian dari Partai Golkar, dirinya mengaku bangga terhadap Airlangga yang mendapat kepercayaan besar dari Presiden Joko Widodo untuk menerjemahkan keinginannya memenuhi harapan masyarakat Indonesia.

Menurut Irwan, mobil nasional yang telah terealisasi melalui PT Esemka merupakan kebanggaan Indonesia. Selama beberapa tahun keinginan masyarakat dan bahkan pemerintah untuk memproduksi kendaraan asli Indonesia tidak pernah terwujud.

Namun di masa pemerintahan Joko Widodo, menghadirkan dan memproduksi mobil nasional menjadi kenyataan dan akan menjadi kebanggaan bangsa ini.

"Bertahun-tahun keinginan untuk memproduksi kendaraan asli Indonesia tidak pernah terwujud, namun sekarang menjadi kenyataan dan kebanggaan tanah air. Konsep besar ini sangat bisa direalisasikan karena Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Partai Golkar mampu menterjemahkan rencana atau keinginan Pak Jokowi secara apik," katanya.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan, terealisasinya mobil nasional tersebut juga didukung kedekatan antara Airlangga dengan Jokowi. Dengan demikian, lebih mudah bagi mereka untuk berkoordinasi merealisasikan apa saja yang direncanakan.

Menurut Irwan, Airlangga sangat memahami apa yang menjadi keinginan Jokowi dan sebaliknya Jokowi juga sangat memahami apa yang akan dilakukan oleh Airlangga.

"Publik telah memberikan beberapa informasi itu secara gamblang. Hanya kembali lagi kepada siapa yang menerima infomasi terkait hubungan Pak Jokowi dan Pak Airlangga," kata Irwan.

Baca juga: Masyarakat diharapkan mau gunakan produk mobil Esemka

Baca juga: Perbandingan spesifikasi dasar Esemka Bima, Supercab dan GranMax

Baca juga: Esemka diharapkan jadi ladang berkarya insinyur nasional


Ia berharap, hubungan antara Airlangga dan Jokowi selalu terjaga. Keduanya sama-sama tokoh bangsa yang lebih mengutamakan gagasan serta merealisasikannya sebagai karya. Keduanya tidak terlalu banyak berwacana, tapi bisa memberikan bukti.

"Doa selalu untuk keharmonisan hubungan baik antara Bapak Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia dan Bapak Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam menjalankan tugas negara untuk kesejahteraan rakyat Indonesia," ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019