Boyolali (ANTARA) - Jamaah haji Debarkasi Surakarta, Jawa Tengah, yang meninggal dunia di Tanah Suci, hingga kedatangan Kloter 58 asal Kabupaten Rembang dan Pati, dilaporkan bertambah tiga orang, sehingga menjadi 60 orang.

Menurut data terkini dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, hingga Rabu pukul 09.30 WIB, menyebutkan, tiga jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci tersebut semuanya asal Jateng.

Tiga haji Debarkasi Surakarta yang meninggal tersebut, yakni Jariyah Ridwan Dipawangsa (89), warga Dipawangsa No.63 RT 01 RW 07 Desa Karangjati Kabupaten Cilacap tergabung kloter 96; Giyem Mertoyadi Sodikromo (93), warga Kradenan Lama RT 02/05 Kota Semarang kloter 95; Tri Urip Suwarman (75), warga Panasan Baru RT 06 Rw 02 Kabupaten Boyolali kloter 12.

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, Agus Widakdo, jumlah jamaah haji asal Debaraksi Surakarta hingga kedatangan Kloter 58 bertambah menjadi 60 orang.

"Tiga tambahan jamaah haji meninggal yakni Jariyah Ridwan Dipawangsa asal Cilacap di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Mekah, pada Senin (2/9), pukul 15.45 WIB, karena sakit, Giyem Mertoyadi Sodikromo asal Semarang, meninggaal di pemondokan, Senin (2/9), pukul 16.45 WIB, dan Tri Urip Suwarman di RSAS Jedah, meninggal pada Sabtu (31.8), pukul 01.30 WIB," kata Agus Widakdo.

Baca juga: 19.345 haji Debarkasi Surakarta dipulangkan ke daerah asal

Baca juga: Mulai berdatangan haji gelombang 2 Debarkasi Surakarta


Menurut Agus, ketiga jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci tersebut karena sakit dan jenazahnya sudah dimakamkan di Sharayya Mekah dan Makbarah Jedah.

Hingga Rabu ini, telah mendarat Kloter 58 gabungan asal; Kabupaten Rembang dan Pati di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 09.49 WIB atau mengalami keterlambatan sekitar 14 menit dari jadwal semula.

"Jamaah haji Kloter 58 dengan jumlah sebanyak 357 orang tibanya di bandara dan langsung masuk bus penjemput menuju ke asrama haji Donohudan Boyolali. Haji kloter 58 kemudian setelah acara serah terima langsung di pulangkan ke daerah asal," katanya.

Total jamaah yang sudah dipulangkan ke daerah asal sebanyak 20.776 orang atau 59,7 persen dari total 34.756 orang yang diberangkatkan berhaji.

"Kami masih menunggu kedatangan jamaah haji kloter 59 asal Kabupaten Pati Jateng. Haji kloter 59 dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 17.45 WIB," katanya.*

Baca juga: 12.915 haji telah dipulangkan melalui Debarkasi Surakarta

Baca juga: Haji Debarkasi Surakarta yang meninggal bertambah satu orang

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019