Kami berharap kerja sama yang baik selama ini dilanjutkan oleh anggota baru nanti supaya dapat mewujudkan pembangunan di Jabar."
Bandung (ANTARA) - Sebanyak 120 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024 akan di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika No 56, Kota Bandung, Senin.

Pengucapan Sumpah/Janji anggota dewan tersebut dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat H Arif Supratman SH MH dengan didampingi masing-masing pemuka agama.

Baca juga: Anggota DPRD Jabar kritisi rencana pemindahan ibu kota provinsi

Baca juga: KPK periksa anggota DPRD Jabar Waras Wasisto kasus suap Meikarta

Baca juga: DPRD Jabar belum terima usulan Provinsi Bogor Raya


Selesai pembacaan sumpah/janji, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan.

Sekretarias DPRD Provinsi Jawa Bavat Toto Mohamad Toha mengatakan dengan adanya Pengucapan Sumpah/Janji tersebut maka keanggotaan DPRD Jabar periode 2014-2019 dinyatakan berakhir sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024 yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Jawa Barat Nomor 88/PL.01.8 Kpt/32/Prov/VIII/2019 yang dikeluarkan dalam Rapat Pleno KPU Provinsi Jawa Barat tanggal 13 Agustus 2019 jumlah Anggota yang akan dilantik berjumlah 120 orang yang terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 25 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 21 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) 20 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) 16 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) 12 kursi.

Kemudian Partai Demokrat 11 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 7 kursi, Partai Nasional Demokrat 4 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 kursi.

Sementara berdasarkan jenis kelamin, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024 terdiri dari laki-laki 97 orang dan perempuan 23 orang.

Sebelumnya pelantikan anggota dewan baru tersebut diawali dengan rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Jabar periode 2014-2019 Ineu Purwadewi Sundari.

Dalam sambutannya, politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jabar ini mengatakan rapat paripurna ini digelar berdasarkan dua keputusan Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Pertama-tama ialah tentang keputusan peresmian/pemberhentian anggota DPRD 2014-2019 dan peresmian/pengangkatan anggota DPRD 2019-2024," kata Ineu.

Pihaknya berharap anggota dewan baru bisa melanjutkan kerja sama yang terbangun dengan baik dengan pemerintah selama ini dan bisa ikut membangun Jabar.

"Kami berharap kerja sama yang baik selama ini dilanjutkan oleh anggota baru nanti supaya dapat mewujudkan pembangunan di Jabar," kata Ineu.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019