Pemerintah harus bergerak cepat sehingga tidak terkesan menunggu
Surabaya (ANTARA) - Relawan Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) berharap pemerintah berperan lebih aktif dalam mengatasi permasalahan Papua karena dinilainya mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pemerintah harus bergerak cepat sehingga tidak terkesan menunggu,” ujar Dewan Penasihat Almisbat Teddy Wibisono melalui siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Senin pagi.

Munculnya aksi massa yang berujung pada anarkisme di Papua beberapa waktu lalu, kata dia, merupakan cara ekstremisme dan harus segera diselesaikan agar tidak sampai melebar.

Baca juga: Papua Terkini - Paloh ingatkan persoalan Papua selesaikan kekeluargaan

Menurut dia, kejadian tersebut membuat kondisi yang tidak bagus bagi Presiden Joko Widodo, termasuk menyangkut kewibawaannya sebagai kepala negara.

Sebagai relawan Jokowi yang berlatar belakang aktivis, pihaknya harus berani mengkritisi mana yang dianggap benar dan salah.

“Jadi, posisi kami bukan hanya memenangkan saat Pemilihan Presiden 2019, tetapi juga bertanggung jawab terhadap kemenangan tersebut,” ucap komisaris Indofarma itu.

Baca juga: BPIP mengusulkan pertukaran budaya selesaikan persoalan di Papua

Almisbat sebagai relawan Jokowi saat Pilpres lalu, lanjut doa, mendesak agar Presiden meminta Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mengusut, serta mencari siapa dalang yang memanfaatkan kegaduhan Papua.

Pihaknya juga menduga ada yang mendalangi dibalik kasus Papua sehingga aparat diharapkan bertindak tegas dan mengusut tuntas.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019