Khofifah: Mendagri ingatkan wakil rakyat wujudkan janji kampanye

Khofifah: Mendagri ingatkan wakil rakyat wujudkan janji kampanye

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memberi ucapan selamat kepada 120 anggota DPRD Jatim masa jabatan 2019-2024 usai diambil sumpah dan janji di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya, Sabtu (31/08/2019). (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan pesan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengingatkan agar wakil rakyat mewujudkan janji kampanyenya saat Pemilu Legislatif 2019.

"Pak Mendagri berpesan untuk segera mewujudkan janji-janji politik saat masa kampanye dulu," ujar Khofifah di sela pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Jatim 2019-2024 di Gedung DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya, Sabtu.

Baca juga: 120 anggota DPRD Jatim 2019-2024 dilantik

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah yang membacakan sambutan dari Mendagri di hadapan 120 anggota DPRD Jatim masa jabatan 2019-2024 usai diambil sumpah dan janjinya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu meminta agar para anggota dewan segera melaksanakan tugasnya dengan baik dan segera memilih pimpinan definitif.

Baca juga: Kusnadi terpilih sebagai Ketua Sementara DPRD Jatim

Untuk kelancaran tugas, kata dia, disarankan agar wakil rakyat bisa bertugas sebagaimana fungsinya dan bersinergi dengan pemerintah daerah demi kelancaran pemerintahan.

Selain itu, gubernur berharap para anggota DPRD sadar bahwa semua elemen masyarakat menaruh harapan besar untuk didengarkan aspirasinya.

Di sisi lain, Ketua Sementara DPRD Jatim Kusnadi mengumumkan bahwa dari 14 daerah pemilihan saat Pemilu Legislatif 2019, terpilih sebanyak 120 anggota dewan yang 21 orang di antaranya adalah perempuan, sedangkan 99 orang lainnya laki-laki.

Dari jumlah tersebut, suara terbanyak pertama diraih oleh Ahmad Iskandar dari Partai Demokrat yang maju melalui daerah pemilihan XIV (Madura) dengan perolehan 251.959 suara.

Kemudian, anggota dewan peraih suara terbanyak kedua adalah Muhammad Fawait dari Partai Gerindra yang maju melalui daerah pemilihan V (Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang) dengan perolehan 228.229 suara.

Berikutnya, wakil rakyat peraih suara terbanyak ketiga adalah Aliyadi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang maju melalui daerah pemilihan XIV (Madura) dengan perolehan 221.264 suara.
Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019