Hoaks, rektor asing akan pimpin UNJ

Hoaks, rektor asing akan pimpin UNJ

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir (tengah) berfoto dengan Rektor asing asal Korea Selatan, Jang Youn Cho (kanan) disela-sela acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) 2019 di Sanur, Denpasar, Bali, Senin (26/8/2019). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan di jejaring sosial Facebook menampilkan sebuah foto dengan keterangan bahwa foto tersebut merupakan Jang Youn Cho yang menjadi rektor asing pertama di Indonesia.

Dalam narasinya, unggahan itu juga menyatakan bahwa rektor asing pertama di Indonesia itu diangkat oleh Menristekdikti Mohamad Nasir untuk memimpin kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Klaim: Jang Young Cho sebagai rektor asing pertama akan pimpin UNJ 
Rating: Salah/Misinformasi

Pada Senin (26/8), Menristekdikti Mohamad Nasir memperkenalkan Jang Youn Cho sebagai rektor asing pertama yang masuk Indonesia.

Namun Jang Young Cho tidak akan memimpin Universitas Negeri Jakarta melainkan akan memimpin Universitas Siber Indonesia,

Universitas Siber Indonesia merupakan kolaborasi antara Universitas Nasional Jakarta dengan Hankuk University of Foreign Studies Korea Selatan dan merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang berbasis pada daring atau "online". 

Menristekdikti berharap kehadiran rektor asing tersebut akan dapat meningkatkan angka partisipasi kasar (APK), meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan daya saing di tingkat internasional. 
 
Tangkap layar Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang rektor asing pertama di Indonesia Jang Youn Cho


Cek fakta: Menristekdikti kenalkan rektor asing pertama masuk Indonesia

Cek fakta: Nasir luncurkan satu PT swasta indonesia yang dipimpin rektor asing

Cek fakta: Menristekdikti dorong rektor asing masuk universitas swasta dulu

Cek fakta: Rektor UPJ: Kehadiran PT asing berdampak positif

Cek fakta: KSP jelaskan soal rektor asing

 
Pewarta : Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019